Kegiatan Road Show Uji Kompetensi Wartawan ( UKW) yang digelar PWI Jawa Barat tahun 2023 kali ini diadakan di Depok, 15-16 Maret 2023. (Foto: ISTIMEWA)

DEPOK, Eranasional.com – Kegiatan Road Show Uji Kompetensi Wartawan ( UKW) yang digelar PWI Jawa Barat tahun 2023 kali ini diadakan di Depok, yaitu tanggal 15-16 Maret 2023.

DariĀ  total 100 wartawan sebagai peserta UKW, dimulai jenjang Muda, Madya dan Utama, tim penguji menyatakan bahwa tingkat kelulusannya mencapai 91 persen dinyatakan berkompenten.

Road Show UKW PWI Jabar ini digelar sebagai wujud misi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menargetkan 1.000 wartawan di Jawa Barat jadi wartawan Berkompeten.

Kepala Bidang Informasi Keterbukaan Publik (IKP) Diskominfo Jawa Barat, Fais Rahman dalam kesempatan ini menyatakan, program UKW gratis yang digulirkan Pemprov Jabar merupakan bentuk komitmen mendorong terwujudnya insan pers yang profesional dan kompeten.

ā€œProgram UKW gratis ini tidak hanya menjadi simbol kolaborasi yang solid antara Pemprov Jabar dan PWI, tetapi juga bentuk kepedulian Gubernur Ridwan Kamil dan mendorong jurnalis yang kompeten, profesional dan tentu saja berdaya saing,ā€ kata Fais, Kamis (16/3/2023).

Peserta UKW Depok. (Foto: ISTIEWA)

Kegiatan UKW gratis ini rencananya digelar secara Marathon di 10 titik di Jawa Barat. Hingga saat ini, sudah tiga kali kegiatan UKW gratis dilaksanakan.

Sementara itu, Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat mengucapkan terima kasih kepada PWI Kota Depok yang sudah menggelar acara ini.

Menurutnya, UKW tidak mudah dilaksanakan lantaran banyak kendala, terutama tentang persyaratan yang ketat dari Dewan Pers, hingga jadwal acara sempat diundur.

ā€œBanyak nama media yang sama dengan nama lembaga negara sehingga pengajuan menjadi peserta UKW dicoret oleh Dewan Pers. Hal ini, tentunya harus diperhatikan dengan serius oleh semua pihak,ā€ ujarnya.

Momen di kesempatan ini, panitia menghadirkan sejumlah narasumber untuk terlibat aktif dalam UKW, yaitu Kepala Diskominfo Depok Manto, anggota DPR RI Wenny Haryanto, Kepala Biro Humas & KIP UI Amelita Lusia, Sekdis Disdik Depok Sutarno, Wakil Ketua DPRD Depok Yeti Wulandari, anggota DPRD Jabar Hasbullah Rahmad, anggota DPRD Depok Edi Sitorus, dan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Depok Wahid Suryono.

Para narasumber didapuk untuk memberikan materi jumpa pers dan doorstop kepada para peserta UKW.