Ilustrasi Kebakaran Ruko. (Foto:Net)

JAKARTA, Eranasional.com –  Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran restoran siap saji KFC yang berada di Ruko Jalan Danau Sunter Selatan, Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok Jakarta Utara pada Senin (3/4/2023).

“Masih penyelidikan. Tapi, sejauh ini, sebelum kejadian sempat terjadi pergantian tabung gas,” kata Kapolsek Tanjung Priok Kompol Nazirwan.

Nazirwan juga menambahkan berdasarkan informasi yang diterima di lapangan, ada korban atas musibah kebakaran di ruko yang memiliki tiga lantai tersebut.

“Informasi yang kita terima di lapangan, tadi ada dugaan bahwa ada dari warga maupun karyawan yang memang ada di lokasi. Nanti untuk data masih kita dalami,” ucapnya.

Saat pemadaman berlangsung, petugas pemadam sempat mengeluarkan tabung gas dari dalam ruko ke ruang terbuka.

“Jadi semuanya dikeluarkan. Meskipun diindikasikan tidak bocor. Iya, tadi memang kejadian awal ada satu yang kebocorannta kelihatannya cukup besar. Tim menyimpulkan bahwa harus berada pada posisi yang jauh dan harus terbuka.”

Meski demikian, lanjut Nazirwan, pihaknya masih mendalami penyebab kebakaran tersebut.
“Masih kita lidik. Apakah ini kasusnya ledakan atau memang sengaja dipecahkan.”

Sebelumnya, Kasi Ops Gulkarmat Jakarta Utara Abdul Wahid mengaku menerima laporan musibah kebakaran ini sekira pukul 11.56 WIB.

“Sebanyak enam unit dan 30 personel kami kerahkan,” kata Abdul Wahid, dalam keterangannya.

Usai berjibaku untuk memadamkan api, petugas dapat melokalisasi api sekira pukul 12.18 WIB. Pemadaman kemudian dilanjutkan dengan pendinginan.

“Operasi dinyatakan selesai pukul 12.22 WIB.”

Sementara itu, Kasektor Damkar Tanjung Prio, Tryanto mengatakan, tidak ada hambatan yang signifikan dalam pemadaman kali ini. “Sumber air juga dekat dan penyalaannya belum begitu luas,” kata Tryanto.

Tryanto mengatakan, dalam musibah kebakaran tersebut, sumber api berada dari dapur yang ada di lantai dasar. Akibatnya, petugas juga sempat menggeluarkan tabung gas yang terbakar dari dalam dapur ke ruangan luas dan terbuka guna menghindari ledakan.

“Kalau saya lihat daru bentuk fisik, ada yang terbakar. Ada dua tabung ya tadi yang sudah kita keluarkan, dan memang semua gas yang ada di dalam, yang belum terbakar pun kita antisipasi apabila nanti afa kebocoran lagi, takut timbul lagi.” **