Tini, wanita yang kesehariannya mengemis diamankan Dinsos Kota Bogor, Kamis (27/4/2023). Dia kedapatan membawa uang juta rupiah, surat-surat berharga dan cek senilai Rp1,35 miliar. (Foto: Istimewa)

BOGOR, Eranasional.com – Seorang pengemis wanita kedapatan menyimpan uang jutaan dan selembar cek bertuliskan Rp1,35 miliar. Dia kini dievakuasi petugas Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor.

Pengemis bernama Tini ini ternyata sudah tiga kali dijemput Dinsos Kota Bogor dari kolong jembatan dan sempat kedapatan menyimpan uang Rp18 juta.

“Ini sudah ketiga kali kita evakuasi. Pertama, empat bulan kebelakang, informasinya bawa uang Rp18 juta. (Evakuasi) kedua, sebelum Lebaran dan bawa uang lagi Rp8 juta. Terakhir (evakuasi ketiga) hari ini, bawa lagi uang Rp1,8 juta,” kata Kepala Bidang Rehabilitasi Dinsos Kota Bogor Dody Wahyudin, Kamis (26/4/2023).

Dody menyebutkan, pengemis wanita itu selalu dijemput oleh keluarganya setiap kali dievakuasi dari kolong jembatan. Pihak keluarga juga sudah dua kali membuat surat pernyataan akan menjaga Tini agar tidak kembali mengemis dan menggelandang di Kota Bogor.

“Sebelumnya diamankan di lokasi yang sama. Keluarganya sudah membuat surat pernyataan, kalau misalnya nanti kedapatan lagi mengemis atau menggelandang di Kota Bogor, pihak keluarga harus bertanggung jawab. Kita pun rencananya akan merehabilitasi ke panti yang diperuntukkan untuk lansia, karena ibu Tini ini termasuk usia lansia juga,” jelas Dody.

Selembar cek bank BCA tertulis Rp1,35 miliar yang dibawa oleh pengemis di Kota Bogor, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

Karena kedapatan mengemis lagi, Tini kini diserahkan ke Panti Sosial RSMM. “Barang bawaan, uang, dan surat berharga dititip ke Dinas Sosial dengan tanda terima yang jelas,” ujarnya.

Dalam video yang didapat redaksi Eranasionalcom, tampak seorang perempuan paruh baya berkaus belang hitam-putih sedang didata petugas. Di hadapannya terlihat setumpuk uang dan surat-surat berharga, seperti STNK, beberapa buku tabungan, kartu ATM, hingga selembar cek bertulisan ‘Rp 1,3 miliar’.

Kepala Bidang Rehabilitasi Dinas Sosial Kota Bogor Dody Wahyudin membenarkan penanganan seorang pengemis dalam video viral tersebut. Menurutnya, wanita yang sehari-hari menjadi gelandangan dan pengemis (gepeng) itu dievakuasi dari Jembatan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, pagi tadi.

Wanita tersebut ternyata sudah beberapa kali ditangani Dinsos Kota Bogor.

“Benar, tadi pagi kami kembali mengevakuasi Ibu Tini, warga Kabupaten Bogor yang memang sudah tiga kali ini kita evakuasi. Memang Bu Tini profesinya sebagai gelandangan dan pengemis, kita evakuasi karena dia selalu berada di sekitar jembatan penyeberangan di Panaragan,” kata Dody, Kamis (27/4/2023).