Tokoh masyarakat dan pemerhati Kota Semarang, Achmad Yudi Suwarso. (Foto: Istimewa)

SEMARANG, Eranasional.com Tokoh masyarakat dan pemerhati Kota Semarang, Achmad Yudi Suwarso berharap Ibu Kota Jawa Tengah dapat menjadi liveable city di usianya yang ke-476 tahun. Kota Semarang genap berusia 476 tahun pada Selasa, 2 Mei 2023.

“Dirgahayu Kota Semarang, semoga ke depan jadi kota yang yang layak huni seperti kota-kota di Eropa dan Asia seperti kota Wina di Austria, Kopenhagen di Denmark dan kota Osaka di Jepang. Saya juga berharap Kota Semarang juga bisa jadi kota berbasis sains,” ujar Yudi dalam keterangannya, Jumat (5/5/2023).

Yudi mengatakan Kota Semarang sudah harus memprioritaskan ketersediaan kebutuhan dasar seperti perumahan layak, air bersih, sanitasi, transportasi yang terintegrasi, ketercukupan pangan, dan pembangunan lingkungan yang sehat.

Selain kebutuhan dasar, tutur Yudi, ketersediaan fasilitas umum dan fasilitas sosial juga dapat diutamakan, seperti taman hijau dan taman bermain ramah anak serta fasilitas kesehatan yang memadai.

“Saya berharap Kota Semarang menjadi ibu kota provinsi yang ramah terhadap lingkungan dengan menggunakan transportasi publik berbasis energi listrik yang dapat mengurangi polusi udara. Jika transportasi publik baik dan layak, maka kemacetan di Kota Semarang akan bisa teratasi,” jelas Yudi.

Yudi juga menyoroti soal upaya pencegahan dan penanganan banjir. Menurut Yudi, perlu dilakukan pengelolaan kanal banjir yang tepat serta pembuatan wilayah serapan air.

Terakhir, Yudi berharap juga Kota Semarang dapat membuka ruang bagi anak-anak muda untuk terus berkreasi sesuai perkembangan zaman.

“Saya berharap di usia 476 tahun ini, semakin terbuka ruang-ruang kreasi untuk anak muda di Kota Semarang. Anak muda adalah pelanjut generasi yang akan membangun negeri ini,” kata Yudi.