DDS Kota Pekalongan menerima penghargaan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: Eranasional/Diskominfo Pekalongan)

PEKALONGAN, Eranasional.com – Sebanyak 22 Donor Darah Sukarela (DDS) dari kota Pekalongan yang sudah mendonorkan darahnya 50 kali dan 70 kali, menerima penghargaan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Aula Semar Resto, Mojosongo, Boyolali, Senin (29/5/2023).

Hal tersebut disampaikan oleh Penanggung Jawab Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) UDD PMI Kota Pekalongan, Aji Putra Prakoso, Selasa (30/5/2023) di kantor UDD PMI.

“22 DDS itu terdiri dari 12 sukarela 50 kali donor, dan 10 lainnya 75 kali donor, Kota pekalongan mendapat kesempatan sebagai salah satu pendonor yang maju ke podium menerima langsung penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah,” ujarnya.

Disampaikan Aji, DDS yang menerima penghargaan kemarin memiliki usia antara 30-45, tergolong muda.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi dan rasa terima kasih, karena telah menjadi sukarelawan untuk kemanusiaan. Sebab berkat donor darah tersebut, banyak nyawa yang tertolong.

Aji menambahkan, untuk DDS 100 kali di kota Pekalongan hingga saat ini ada sekitar 7 orang, namun pusat belum mengadakan pertemuan bagi pendonor 100 kali sehingga tahun ini belum dikirimkan perwakilan tersebut.

Ia berharap dengan adanya kegiatan penghargaan donor sukarela dapat memotivasi masyarakat kota Pekalongan lainnya untuk mendonorkan darah bagi sesamanya, karena setiap harinya permintaan darah di kota Pekalongan mencapai 30 kantong.

“Kami UDD PMI Kota Pekalongan juga tidak berhenti mengajak warga kota Pekalongan yang belum pernah donor untuk berdonor dan bagi yang sudah rutin donor jangan sampai berhenti, karena kebutuhan darah tidak pernah menurun, ayo bantu sesama lewat darahmu,” pungkasnya.