Eranasional.com – Kelurahan Sindanga Sari menggelar Musrembang, di Ponpes Al Umm Aswaja, Bogor, pada Minggu (13/12/2020). Kegiatan itu dihadiri oleh Wali Kota Bogor Bima Arya, Anggota DPRD Kota Bogor Atty Somaddikarya dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Bima Arya mengatakan, untuk memajukan suatu wilayah itu harus rajin, antusias, didukung pemerintah, dan ada potensi yang bisa dikelola. “Kemajuan wilayah itu berdasarkan, satu lurahnya rajin, lalu warganya sama-sama rajin dan antusias, selanjutnya didukung oleh pemerintah hal ini dewan, dan yang terakhir potensi wilayahnya ada yang akan dikelola, ” paparnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Bogor Atty Somaddikarya menambahkan, dalam menunjang kemajuan wilayah kesehatan itu perlu dijaga. Sejak 2017 silam, dia sudah meyuarakan bahwa mobil ambulan penting di setiap kelurahan. “Saya akan ajukan 68 ambulan untuk seluruh kelurahan,” katanya.

Selain itu, Lurah Sindanga Sari Asep menyampaikan apresiasi atas ditetapkannya Benah Kampung di wilayahnya. “Walaupun anggaran 2021 tidak ada di alokasi umum tapi kita alhamdulillah ditetapkan salah satu kelurahan mendapatkan Benah Kampung. Itu artinya walaupun jumlahnya tidak signifikan tapi Benah Kampung ini fokus kepada ekonomi lokal yang akan terasa berdampak pada ekonomi masyarakat secara sosial ekonomi walaupun bukan pada fisik bangunannya, sangat besar sekali manfaatnya pada kondisi saat ini itu yang akan kita hidupkan kembali mata pencaharian ekonomi terkecil rumah tangga,” katanya.

Seperti Kampung Pecak, Ia mengatakan, ada potensi taman wisata yakni Taman Cai yang bisa dimanfaatkan untuk pemberdayaan ekonomi. “Di sana bisa muncul spot-spot buat selfi, penjualan pelet ikan untuk memberi makan ikan dan di sana ada potensi parkir kalau di datangkan dari tata lokal. Kriteria Benah Kampung suatu kondisi kampung atau wilayah kelurahan yang memang bisa diubah agar terjadi suatu perubahan baik dari sisi potensi keindahan wisata juga bisa memunculkan ekonomi masyarakat, ” tandas Asep.

Sementara itu, antusias Musrembang disambut Pimpinan Ponpes Al Umm Aswaja. Ia mengatakan, Pondok ini selalu bisa dimanfaatkan untuk membantu masyarakat. “Dalam hal ini Musrembang,” ujarnya.

Ia juga berharap, dalam hal pembangunan yang nantinya dijalankan tidak hanya sekedar fisik, tapi mental juga harus dibangun. “Kerja sama antara masyarakat dan pemerintah dalam membangun mental masyarakat yang bermanfaat, insyaallah bisa mengangkat harkat dan martabat Kota Bogor secara umum, ” tutur KH. Zakky Burhanuddin Malik.

Diketahui, sebelum berakhirnya Musrembang, Camat Bogor Timur mendapat kehormatan untuk mengunjungi tempat UMKM warga Kelurahan Sindang Sari sekaligus memberikan penilaian kepada peserta. Juara pertama UMKM di Kelurahan Sindang Sari dimenangkan oleh warga RW 1 Kelurahan Sindang Sari.

Hal senada dikatakan Bhabinkamtibmas Kelurahan sindang Sari Kecamatan Bogor Timur, Bribka Ferdiansyah. Dia mengatakan, dalam giat ini kami dari pihak Muspikel Sindangsari memonitoring dan memantau area berlangsnunya Musrembang “Protokol kesehatan kami tegakkan demi mencegah dan memutus mata rantai virus Covid-19,” ucapnya.

Kodim 0606 Serda Harimawan mengatakan pihaknya menyiapkan alat pengecheck suhu tubuh, alat pembersih tangan, memberikan jarak aman minimal 1 satu meter untuk kursi duduk demi mencegahnya wabah virus Covid-19, Katanya. (Arifin)