Kapolres Pekalongan Kota, AKBP A Recky R memberikan imbauan kepada pelajar saat menjadi pembina upacara di SMA N 1 Kota Pekalongan. (Foto: Istimewa).

PEKALONGAN, Eranasional.com – Jelang masa liburan sekolah, Polres Pekalongan Kota bekerjasama dengan pihak sekolah, baik SMP maupun SMA yang ada di wilayah hukumnya untuk memberikan pembekalan kepada para siswa-siswinya.

Salah satu kegiatan yang dilakukan yakni dengan menjadi pembina upacara di sekolah. Kegiatan tersebut merupakan upaya preventif dari kepolisian dalam mencegah terjadinya kenakalan remaja maupun tindakan kriminal lainnya saat masa liburan.

“Kami mengajak para pelajar untuk mencegah kegiatan-kegiatan negatif saat liburan. Contohnya vandalisme, kenakalan remaja, tawuran, narkoba, dan tertib berlalu lintas,” kata Kapolres Pekalongan Kota, AKBP A Recky R usai menjadi pembina upacara di SMA N 1 Kota Pekalongan.

Tak hanya itu, Kapolres juga membekali para siswa-siswi tentang karakter kebhayangkaraan yang dikombinasikan dengan karakter pendidikan bangsa.

“Ada 3 poin penting yang kami sampaikan yaitu disiplin, tanggung jawab dan berbudi pekerti luhur. Sehingga, saat liburan nanti mereka akan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang positif,” katanya, Kamis (15/6/2023).

Kegiatan tersebut, juga merupakan rangkaian hari Bhayangkara Ke 77 Tahun 2023 dengan Tema “Tanamkan Nilai-Nilai Kebhayangkaraan dan Insan Berkarakter Nasionalis”.

Personel Polres Pekalongan Kota, termasuk Kapolres, Wakapolres dan seluruh Pejabat Utama Polres (PJU) menjadi pembina apel di 53 sekolah SMP/Sederajat dan SMA/sederajat.

Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Pekalongan, Yulianto Nurul Furqon mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, pembekalan yang sudah diberikan oleh Kapolres banyak manfaatnya bagi para siswa-siswi terutama dengan pendidikan karakter.

“Harapannya, kegiatan ini terus terjalin. Sehingga, kita dapat mengawal generasi muda ini supaya terhindar dari kegiatan negatif dan mereka terus bisa menggapai cita-citanya,” pungkas Yuli. (em-aha)