Wali Kota Medan Bobby Nasution. (Foto: Ist)

JAKARTA, Eranasional.com – Wali Kota Medan Bobby Nasution menjelaskan maksud dari perkataannya yang mendukung pelaku begal ditembak mati. Katanya, hal tersebut dilakukan jika polisi menganggap perlukan dilakukan.

“Kalau memang perlu melakukan itu, ya lakukan. Saya tetap menyampaikan itu kepada pihak kepolisian,” kata Bobby Nasution usai apel patroli gabungan di Stadion Teladan Medan, Minggu (16/7/2023).

Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini meminta pernyataannya itu tidak dikembangkan ke mana-mana. Sebab, dirinya mengatakan itu saat berkunjung ke Polres Pelabuhan Belawan, bukan kepada pihak lain, apalagi masyarakat.

“Jangan dikembang ke mana-mana. Saya menyampaikan itu di Polres Pelabuhan Belawan, bukan untuk yang lainnya. Itu pun sebagai unsur penegakan hukum,” jelas Bobby.

Menurut Bobby, masyarakat hanya menunggu gerakan pemberantasan begal dari pihak kepolisian. “Masyarakat hari ini menunggu gerakan dari pihak yang berwajib, yaitu kepolisian,” ujarnya.

Perkataan Bobby Nasution soal begal ditembak mati dikritik komisioner Komnas HAM Saurlin Siagian.

“Terkait pernyataan Wali Kota Medan, saya bisa memahami itu sebagai kekesalan yang mewakili warga Medan. Tapi, dia (Bobby Nasution) tidak dalam kapasitas dan wewenangnya untuk mengimplementasikan apa yang dia ucapkan,” tegas Saurlin, Jumat (14/7) kemarin.