Ponpes Hafizhul Qur’an melakukan studi banding di SMP IT Baitul Muslim Way Jepara, Lampung Timur. (Foto: Andin/Eranasional)

LAMPUNG TIMUR, Eranasional.com – Pondok Pesantren (Ponpes) Hafizhul Qur’an di bawah naungan Yayasan Bina Ilmu Cendikia melakukan studi banding di SMP IT Baitul Muslim Way Jepara, Lampung Timur.

Pengasuh Ponpes Hafizhul Qur’an Dr. KH. Mahfud, S.Ag., Mh, mengatakan tujuan dari studi banding ini adalah untuk menggali informasi dan mempelajari penerapan manajemen di SMP IT Baitul Muslim Way Jepara.

“Kedatangan kami tujuannya untuk belajar dari sekolah yang memiliki pengalaman mengelola sekolah dan pondok pesantren. Kami memutuskan untuk melakukan studi banding ke SMP IT Baitul Muslim Way Jepara,” kata KH Mahfud di sela kunjungannya di SMP IT Baitul Muslim Way Jepara, Jalan Batin Kyai, Labuhan Ratu Satu, Lampung Timur, Rabu (6/9/2023).

KH Mahfud mengungkapkan kegiatan studi banding ini juga merupakan bagian dari rencana Ponpes Hafizhul Qur’an mendirikan SMP IT, tapi pelajar atau santrinya mondok.

“Kenapa harus mondok? Salah satu alasan utamanya agar anak didik kami hafalannya terjaga dan bertambah,” jelasnya.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada pihak SMP IT Baitul Muslim Way Jepara yang telah menyambut dan menerima pihaknya secara kekeluargaan dan hangat.

Di kesempatan yang sama, Wakil Kepala Kurikulum SMP IT Baitul Muslim Way Jepara, Pendi, mengatakan pihaknya merasa senang dengan kedatangan Yayasan Bina Ilmu Cendikia ke tempatnya.

Katanya, SMP IT Baitul Muslim Way Jepara sangat antusias begitu mengetahui tujuan kedatangan pihak Ponpes Hafizhul Qur’an untuk belajar, dan pihaknya sangat senang berbagi pengalaman bagaimana cara mengelola ponpes.

“Sebenarnya kami juga masih terus belajar. Pastinya, pengalaman kami ini akan kami bagikan kepada saudara-saudara kami seperti Ponpes Hafizhul Qur’an,” tuturnya. (andin)