JAKARTA, Eranasional.com – Ketua Laskar Merah Putih Perjuangan (LMPP) DKI Jakarta Alexander Kilikily Umboh menyebut Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto merupakan contoh pemimpin yang Ideal.

Kata Yodo, panggilan akrabnya, perwira tinggi Polri yang sejak 27 Maret 2023 menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya itu berpengalaman dalam bidang reserse.

“Jabatan terakhir beliau sebelum jadi Kapolda Metro Jaya adalah Deputi Penindakan KPK,” kata Yodo kepada wartawan, Selasa (24/10/2023).

Menurut Alexander Kilikily yang juga seorang pengusaha dan advokat, Karyoto merupakan sosok yang berani, tegas dan bertanggung jawab.

Yodo mengaku telah mengenal lama Karyoto dari orang tuanya yang juga merupakan perwira tnggi Polri. “Ditambah historis yang baik antara saya dan Pak Karyoto sejak menjabat sebagai Kapolresta Barelang tahun 2012-2014,” ujarnya. 

Dia menilai, dalam mengambil keputusan Karyoto sangat bijak dan tidak banyak bicara, serta matang dalam bertindak.

“Hal itu dapat kita lihat jelas dalam rekam jejaknya dalam pengungkapan dan penyelesaian kasus-kasus yang ditanganinya dan segudang prestasi yang beliau raih,” jelas Alexander.

“Kalau pun banyak mendapatkan pujian merupakan hal yang pantas beliau terima,” sambungnya.

Alexander pun menyatakan dukungan kepada Polri, khususnya Polda Metro Jaya di bawah kepemimpinan Karyoto. Dia merasa semua kebijakan dan penanganan publik yang dilakukan Kapolda Metro Jaya itu sudah sangat efektif.

“Artinya berdampak positif bagi seluruh lapisan elemen masyarakat. Kinerja Pak Karyoto sudah sangat dapat merepresentatifkan kerja yang Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi berkeadilan atau disingkat Presisi, karena konsep diterapkan beliau adalah transformasi layanan Polri yang lebih terintegrasi, transparan, dan cepat, dengan banyak kemudahan dalam membuat laporan, aduan, pengawasan dengan nomor kontak yang telah diberikan,” tuturnya.

“Bahkan tak jarang terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan kebenaran yang berkeadilan bagi mayarakat umum,” tambah Alexander.

Pada akhirnya, Alexander menilai Irjen Pol Karyoto sangat profesional dan proporsional dalam menjalankan amanah, tugas dan tanggung jawabnya.