PEKALONGAN, Eranasional.com – Gelombang aksi bela Palestina menggema di beberapa penjuru dunia, menyusul serangan massif Israel yang menewaskan ribuan anak-anak dan perempuan di Jalur Gaza, Palestina.

Aksi tersebut terjadi di kota-kota besar di sejumlah negara, termasuk di berbagai daerah Indonesia. Seperti di Monas, Jakarta pada pekan lalu.

Tak mau ketinggalan, aksi serupa juga bakal di gelar di Kota Pekalongan, Jawa Tengah oleh kelompok yang mengatasnamakan Forum Pekalongan Peduli Palestina.

Arya Meka, Humas Forum Pekalongan Peduli Palestina mengatakan, aksi tersebut untuk mengutuk tindakan keji Israel terhadap rakyat Palestina. Menurutnya, tindakan tersebut sudah menyangkut kemanusiaan dan bukan lagi soal agama.

“Iya benar, insya Allah hari Minggu (12/11/2023) sejak pagi kami akan menggelar aksi bela Palestina di Lapangan Mataram sebagai bentuk solidaritas, dan menunjukan keberpihakan kita kepada saudara-saudara yang ada di Palestina,” katanya kepada eranasional, Jumat (10/11/2023).

Menurutnya, kegiatan tersebut juga sebagai dukungan moril kepada rakyat Palestina. Dengan beramai-ramai, nantinya kita akan mendapat perhatian dari pemerintah, agar terus konsisten membela Palestina.

“Ada sejumlah kegiatan yang akan dilakukan, mulai dari longmarch. Lalu, orasi, doa bersama, pemasangan bendera, pembagian stiker dan selebaran-selebaran terkait Palestina,” lanjutnya.

Untuk itu, pihaknya juga mengundang seluruh kalangan yang ingin turut serta mengikuti aksi tersebut dengan mengenakan pakaian berwarna putih dan membawa simbol-simbol Palestina.

“Bagi ormas, komunitas, tokoh masyarakat, serta para warga Kota Pekalongan yang ingin mengikuti aksi solidaritas ini, silahkan datang ke titik kumpul di Lapangan Mataram. Kami juga berharap, para peserta tidak ada yang membawa atribut partai,” ajaknya.

Ia juga mengaku sudah mengirimkan undangan kepada unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pekalongan untuk ikut serta dalam aksi bela Palestina itu.

“Kami berharap, nanti ada perwakilan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan yang ikut hadir. Dan Alhamdulillah, kami juga sudah mengantongi ijin dan koordinasi dengan pihak kepolisian untuk acara tersebut,” pungkasnya. (em-aha)