CIPALI, Eranasional.com – Kecelakaan tunggal bus Handoyo terjadi di jalan Tol Cipali KM 73, Jumat, 15 Desember 2023. Peristiwa itu memakan korban jiwa 12 orang.

Kepala Divisi Astra Tol Cipali Sri Mulyo mengatakan kecelakaan di Interchange Cikampek arah Jakarta itu terjadi pukul 16.07 WIB. Peristiwa bermula ketika bus dengan nomor polisi AA 7626 OA melintas dari arah Cirebon dan akan keluar menuju Interchange Cikampek.

“Setelah memasuki tikungan interchange, pengemudi diduga kurang mengantisipasi laju kendaraan, sehingga laju kendaraan tidak terkendali, terbalik dan menimpa guardrail. Posisi akhir kendaraan terbalik miring menghadap timur,” kata Sri melalui keterangan tertulis, Jumat, 15 Desember 2023.

Seluruh korban dilarikan dievakuasi ke Rumah Sakit Radjak Hospital Purwakarta dan Rumah Sakit Siloam Purwakarta.

Sekarang ini penanganan kecelakaan maut tersebut ditangani Unit Penegakan Hukum Satlantas Polres Purwakarta.

Sementara itu, Kasubdit Penegakkan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Jawa Barat AKBP Wira mengatakan pihaknya akan melakukan gelar perkara kasus kecelakaan tersebut. Gelar perkara dilakukan untuk mengetahui apakah peristiwa kecelakaan tersebut dapat masuk ke tahap penyidikan atau tidak.

“Kita sudah lakukan pemeriksaan, melakukan olah TKP secara komperhensif. Nanti kita akan lakukan gelar awal untuk menaikan status menjadi penyidikan, dan kalau memungkinkan kita langsung menetapkan sebagai tersangka,” kata Wira, Sabtu, 16 Desember 2023.

Wira menjelaskan, sebelum melakukan gelar perkara, penyidik terlebih dahulu memeriksa sejumlah pihak di antaranya sopir, kernet, penumpang yang selamat dan dapat dimintai keterangan.

“Gelar perkara nantinya bakal dipimpin langsung oleh pimpinan Direktur Lalu Lantas Polda Jawa Barat,” ujarnya.

Mengenai jumlah korban tewas, Wira menyebutkan ada 12 penumpang meninggal dunia dalam peristiwa itu.

“Semua korban tewas telah diambil oleh keluarganya masing-masing, dan masih ada beberapa korban luka-luka dirawat intensif di rumah sakit,” ucap Wira. (*)