MAKASSAR, Eranasional.com – Sejumlah anggota Banser Nahdlatul Ulama (NU) bersama pecalang turut ikut melakukan pengamanan beberapa Gereja yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), di malam Misa Natal bersama anggota TNI Polri.

Pada malam Natal Forkompinda Sulawesi Selatan melaksanakan patroli di sejumlah Gereja yang menggelar ibadah menjelang hari raya Natal, Senin 25 Desember 2023..

Kasatkorwil Banser Sulsel, Abbas Rauf Rani mengatakan, pelibatan Banser dalam menjaga Gereja yang merayakan Misa Natal untuk menjaga ukhuwah Basyariyah atau persaudaraan dalam kemanusiaan.

“Memang kami perintahkan Banser di setiap wilayahnya ada ummat Nasrani untuk dijaga keamanan mereka dalam beribadah dengan melibatkan minimal 5 orang Banser setiap Gereja,” kata Abbas, Minggu 24 Desember 2023.

Tujuan dilakukannya pengamanan Gereja tersebut, terang Abbas untuk menjaga Indonesia agar kerukunan ummat beragama dapat terjaga dengan baik.

“Tentunya ini menjaga bukan menjaga Gereja tetapi menjaga Indonesia. Sehingga toleransi beragama itu penting untuk bagaimana menjaga kerukunan antar umat beragama itu,” jelasnya.

Abbas berharap dengan pelibatan Banser NU dalam pengamanan Gereja di hari raya Natal sehingga tercipta suasana aman dan nyaman bagi ummat Kristiani yang melaksanakan ibadah di setiap Gereja.

“Harapan kami pada natal berjalan dengan aman supaya tetap terciptakan keamanan dalam natal dan tahun baru karena bukan hanya ummat kristiani yang merayakan Tahun Baru tapi hampir semua yang merayakan,” pungkasnya. (*)