JAKARTA, Eranasional.com – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) DKI Jakarta, Arifin mengingatkan masyarakat untuk tidak bermain petasan saat momen pergantian malam tahun baru 2024.

Katanya, bermain petasan dianggap berbahaya, salah satunya dapat memicu terjadinya kebakaran.

“Petasan sangat membahayakan. Warga pasti sudah paham kenapa dilarang main petasan,” kata Arifin di Balai Kota DKI, jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, 27 Desember 2023.

Satpol PP DKI, kata Arifin, terus melakukan pemantauan, pengawasan hingga merazia kepada penjual petasan yang ada di Jakarta sejak beberapa waktu lalu.

“Bahkan dari sebelum Natal, pengawasan itu sudah kami lakukan. Penindakan di wilayah sudah dilakukan terkait penjualan petasan,” ujarnya.

Mengenai sanksi hukum yang akan diberikan jika terjadi pelanggaran, Arifin menyerahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum.

“Jika ada yang melanggar, maka sanksi hukumnya seperti apa, kami serahkan kepada pihak kepolisian,” kata Arifin.

Tempat hiburan malam

Selain petasan, Satpol PP DKI Jakarta juga akan melakukan pengawasan terhadap sejumlah tempat hiburan malam saat perayaan Tahun Baru 2024.

Arifin mengatakan, pengawasan tempat hiburan malam di Jakarta sebagai antisipasi agar masyarakat tidak merayakan momen pergantian tahun baru secara berlebihan.

“Tim kami gabungan bersama dengan Dinas Pariwisata DKI melakukan pemantauan ke tempat-tempat hiburan yang punya izin melakukan kegiatan perayaan malam tahun baru,” jelas Arifin. (*)