MEDAN, Eranasional.com – Sebuah video yang merekam adegan seorang perempuan memaksa kucing merokok, viral di media sosial.

Peristiwa itu disebut terjadi di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara (Sumut).

Dalam video yang dilihat, Kamis, 4 Januari 2024, pemaksaan terhadap hewan tersebut terjadi di pinggir jalan.

Dalam video itu tampak seorang perempuan yang mengenakan baju berwarna coklat sedang duduk. Di sampingnya ada seekor kucing putih. Video itu direkam oleh seseorang yang diduga adalah rekan wanita itu.

Masih di video yang sama, wanita itu menahan kucing yang ada di sebelahnya Mulut hewan peliharaan itu dimasukkan rokok secara paksa.

Foto: Istimewa

Setelah itu, wanita tersebut menghisap rokok dan asapnya dihembuskan wajah kucing tersebut.

Kemudian, wanita itu melepaskan cengkeramannya dan kucing itu pun pergi berlari. Setelah itu, wanita tersebut tersenyum ke arah kamera.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan perempuan yang memasukkan rokok ke mulut kucing bernama Khoirunnisa (18), warga Tebing Tinggi, Sumut.

Kepada polisi, Khoirunnisa mengakui perbuatannya itu, dan motifnya hanya bercanda. Dia pun menyatakan menyesal.

Aparat kepolisian, ungkap Hadi, sudah mendatangi perempuan tersebut untuk meminta klarifikasi.

“Setelah bertemu dan berbicara dengan pemilik akun beserta orangtua dan keluarganya, dia membenarkan bahwa dirinya adalah orang yang di video tersebut. Dia menyatakan menyesali perbuatan yang telah dilakukan,” jelas Hadi, Kamis, 4 Desember 2024.

“Dia mengaku hanya bercanda, tidak ada maksud sengaja untuk menyiksa kucing tersebut,” lanjutnya.

Dalam video permohonan maafnya, Khorunnisa mengungkapkan penyesalannya.

“Perkenalkan saya Khoirunnisa pemilik akun @icasagee. Mohon maaf kepada masyarakat Indonesia dan seluruh lembaga pemerhati hewan berkaitan dengan video viral saya beberapa waktu lalu. Pada saat itu saya berniat bercanda, tidak ada maksud menyakiti hewan sama sekali. Sekali lagi saya mohon maaf sebesar-besarnya atas kegaduhan yang terjadi,” ujar Khoirunnisa. (*)