Eranasional.com – Viral di media sosial sebuah video seorang emak-emak memaki-maki kasir Alfamart. Dia mencurigai anaknya sakit karena memakan makanan kedaluwarsa yang dibeli di toko modern tersebut.

Kejadian ini terjadi di salah satu Alfamart di wilayah Bangko Permata, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Tampak dalam video yang viral tersebut, emak-emak itu memarahi kasir sambil merekamnya.

“Ini penjualnya, buka mukamu, sini mukamu. Kau seharusnya lebih teliti menengok barang-barang itu, kedaluwarsa barang kau jual,” ucap emak-emak itu dengan nada tinggi.

Ia mengatakan anaknya nyaris meninggal dunia lantaran mengkonsumsi makanan kedaluwarsa yang dibeli dari minimarket tersebut.

Produk makanan bayi kedaluwarsa yang diduga dijual di salah satu Alfamart di Riau. (Foto: Tangkapan layar Instagram)

Emak-emak itu juga memperlihatkan produk makanan kedaluwarsa yang dibeli di Alfamart.

Produk tersebut berupa makanan bayi dan terlihat telah memasuki masa kedaluwarsa pada Desember 2023.

Video viral itu diunggah pertama kali oleh akun Facebook @Humaira pada Senin, 8 Januari 2024.

“Menjual makanan kadaluarsa. Efek dari itu mengakibatkan anak aku sakit. Dengan gampangnya bilang ‘biar kami ganti’. Apa bisa dia mengganti kesehatan anakku,” tulis narasi unggahan itu.

Menurut dia, kasir perempuan tersebut tidak teliti lantaran memberinya produk kedaluwarsa.

Video dalam sekejap direspon oleh banyak warganet. Mayoritas menyatakan dukungan dan simpatik dengan aksi perekam video yang dilakukan emak-emak itu.

“Ini murni kecerobohan karyawannya. Saya mantan karyawan Alfamart. Karena di Alfamart itu ada sistem sebelum tanggal exp barang itu harus ditarik dan harus di-retur pengembalian ke perusahaan,” komentar salah seorang warganet.

“Dimana pun kk kalau belanja mau sekalipun di mall megah elit, kalau beli makan, kosmetik dll kita cek expired-nya baru diambil, jangan asal comot,” tulis warganet lainnya. (*)