Sukabumi, ERANASIONAl.COM – Angin puting beliung menyapu puluhan rumah di Sukabumi, Jawa Barat pada Sabtu (27/1/2024) sore. Atap bangunan berterbangan, bahkan satu rumah rata dengan tanah.

Kejadian tersebut terjadi di dua kelurahan, yakni Kelurahan Limusnunggal dan Kelurahan Cibeureum Hilir yang berada di Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi. Tercatat ada 36 rumah yang mengalami kerusakan, delapan di antaranya mengalami rusak berat.

Warga yang terdampak bernama Nunung Sobariah (48) mengatakan, saat kejadian, angin sempat berputar selama 20 menit, kemudian naik ke atas dan menerbangkan atap-atap rumah.

“Anak-anak menjerit ketakutan, atap-atap berterbangan, genting, seng yang sudah kuat juga terbang,” kata Nunung, Sabtu (27/1/2024).

Camat Cibeureum Yanwar Ridwan menyampaikan, bangunan yang terdampak angin puting beliung ini terdiri dari 19 rumah di kelurahan Cibeureum Hilir dan 17 rumah di kelurahan Limusnunggal.

Pihak Kecamatan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi juga sudah menyiapkan tenda untuk para pengungsi di lokasi kejadian.

“Kerusakannya dari ringan sampai berat. Untuk yang rusak berat, kita sudah menyiapkan tenda, tetapi warga saat ini lebih memilih tidur di rumah kerabatnya,” pungkas Yanwar.