Bungo, ERANASIONAL.COM – Wakapolda Jambi Brigjen Edi Mardianto meminta dalam pengamanan pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024 mendatang tidak melibatkan personel yang sedang sakit.

Wakapolda Brigjen Edi menyampaikan itu saat apel kesiapan personel polisi di Mapolres Bungo, Jambi, Selasa, 6 Februari 2024.

Awalnya Brigjen Edi mengatakan pengamanan Pemilu 2024 merupakan tugas negara yang harus dilaksanakan seluruh personel Polri dalam beberapa hari ke depan.

Dia menekankan, seluruh jajaran Kepolisian Polda Jambi, khususnya di wilayah Kabupaten Bungo harus optimis dan yakin dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Kapolres Bungo bukan orang baru. Beliau sudah hafal daerah Bungo ini dan kondisinya,” kata Brigjen Edi saat memberikan arahan di Mapolres Bungo.

Dia pun meminta kepada Kapolres Bungo untuk memastikan tidak ada anggota yang lalai menjalankan tugasnya dan dapat mengatasi hal-hal yang terjadi.

“Pahami aturan-aturan pengamanan Pemilu, khususnya di TPS. Kalau belum paham, cari tahu di YouTube, Instagram dan media sosial lainnya,” ucapnya tegas.

Brigjen Edi mengingatkan agar seluruh personel di wilayah hukum Polres Bungo untuk bersikap profesional menjalankan tugasnya, sehingga netralitas Polri terjaga dengan baik.

“Jangan sampai ada yang yang beranggapan Polri tidak netral. Saya tegaskan, Polri netral setiap pelaksanaan Pemilu,” ujar Edi.

Dia juga meminta agar anggota kepolisian yang mengidap suatu penyakit yang menahun jangan dilibatkan.

“Seperti mengidap gula (diabetes) dan jantung tidak usah dilibatkan. Banyak personel kita yang sehat. Pastikan yang sehat untuk dilibatkan. Saya sudah menyampaikan ini ke Kapolres,” tegas Brigjen Edi.

Antisipasi cuaca

Di kesempatan itu, Wakapolda Jambi Brigjen Edi Mardianto juga meminta agar seluruh personel jajaran Polres Bungo untuk mengantisipasi cuaca kurang baik saat pelaksanaan pemungutan suara di TPS, sepertinya terjadi banjir.

“Saya minta personel yang bertugas di TPS sigap membantu. Apakah lokasi TPS dipindahkan ke tempat yang tidak banjir atau bagaimana sesuai arahan koordinasi,” jelas Edi.

Dia pun mengingatkan agar seluruh personel di wilayah Polres Bungo untuk tidak bermain-main sampai perhitungan suara selesai dan kotak suara aman ke tempat semestinya. (*)