Depok, ERANASIONAL.COM – Pengurus RW 03 proaktif menjemput warganya yang memiliki keterbatasan fisik agar tetap bisa menyalurkan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 14 Februari 2024.

Ketua RW 03 Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Nuryadin Rahman mengatakan pihaknya akan menyiapkan odong-odong yang bertugas menjemput dan kembali mengantar pulang warga lanjut usia (lansia) yang nyoblos di TPS.

“Kami menyediakan odong-odong untuk menjemput lansia atau mereka yang sakit di wilayah RW 03 saat hari pencoblosan 14 Februari besok,” kata Nuryadin, Senin, 12 Februari 2024.

Adapun teknis pelaksanaannya, lanjut Nuryadi, panitia pemungutan suara akan menjemput di setiap shelter yang telah ditentukan. Katanya, ada empat blok di lingkungan RW 03 sebagai titik penjemputan warga.

“Shelter penjemputan itu di Blok Pepaya, Belimbing, Nanas, dan Durian. Nanti odong-odong menjemput di blok-blok itu untuk mengantar mereka ke Kampung Pemilu,” ujarnya.

Kata Nuryadi, odong-odong tersebut akan beroperasi dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB.

“Jumlah armada hanya ada satu, tapi bakalan keliling terus dari pagi sampai siang. Bagi lansia yang mau dijemput, silakan menunggu di titik penjemputan,” jelas Nuryadi.

Nuryadi mengatakan, fasilitas ini merupakan inisiatif dari seluruh warga RW 03 yang mencakup 11 RT untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.

Kampung Pemilu berada di Jalan Nenas Raya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok. Di sana ada tujuh TPS yang semuanya berada di wilayah RW 03.

Tujuan dibentuknya Kampung Pemilu agar warga yang memiliki hak pilih berkumpul di satu titik saat menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2024.

“Setiap TPS itu menampung sekitar dua hingga tiga RT, masing-masing minimal ada 250 Daftar Pemilih Tetap (DPT), jadi total ada 1.500-an pemilih,” ujar Bendahara RW 03, Yasin menambahkan.

Nuryadin berharap hadirnya Kampung Pemilu tahun ini dapat meningkatkan persentase keikutsertaan warga RW 03 dalam pemungutan suara di Pemilu 2024. (*)