Malaka, ERANASIONAL.COM – Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,1 mengguncang wilayah perairan Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa, 27 Februari 2024..

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa tersebut terjadi di laut dengan kedalaman 10 Km.

Koordinat gempa berada pada 9,66 derajat Lintang Selatan (LS) dan 125,05 derajat Bujur Timur (BT). Informasi gempa ini disampaikan melalui akun media sosial X (Twitter) resmi BMKG, Selasa (27/2/2024) siang.

“#Gempa Mag:4.1, 27-Feb-2024 12:05:43WIB, Lok:9.66LS, 125.05BT (21 km Tenggara MALAKA-NTT), Kedlmn:10 Km,” tulis BMKG,” demikian dikutip dari akun medsos X @infoBMKG.

Kepala Stasiun Geofisika Kupang Margiono mengatakan, ini merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif dasar laut jika memperhatikan pusat dan kedalaman gempa.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif dasar laut,” kata Margiono.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault).

Gempa bumi ini, kata dia berdampak dan dirasakan di daerah Malaka dengan skala intensitas III MMI.

Berdasarkan hasil pemodelan, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan kekuatan Magnitudo 4,1.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkasnya. (*)