Jakarta, ERANASIONAL.COM – Di tahun 2024, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) PAM Jaya menargetkan 77.000 pelanggan baru air perpipaan.

Direktur Utama (Dirut) Perumda PAM Jaya Arief Nasrudin mengatakan, perencanaan pelanggan baru perpipaan untuk memenuhi pelayanan air bersih hingga 100 persen ke seluruh wilayah DKI Jakarta.

Adapun cakupan layanan PAM Jaya saat ini masih 65,58 persen atau lebih dari 900.000 pelanggan.

Arief menyebutkan, target 77.000 pelanggan baru merupakan angka yang belum pernah dialami oleh suatu kota untuk menyambung pipa.

“Terbesar pernah mencapai 25.000 pelanggan baru. Jadi ini adalah tiga kali lipat,” kata Arief di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 27 Februari 2024.

Lanjut Arief, sambungan pelayanan air perpipaan baru pada tahun 2024 akan dikerjakan di wilayah Jakarta Timur. Maka dari itu, PAM Jaya akan mempercepat proses perizinan terkait penyambungan kepada Pemerintah Pusat.

“Kami mengejar waktu untuk mengejar cakupan. Minimal di Jakarta Timur selesai,” ujarnya.

Selain itu, PAM Jaya juga merencanakan pemasangan smabungan layanan baru di Jakarta Barat.

Hanya saja, proses pekerjaan tersebut masih menunggu kesiapan suplai air bersih dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Karian-Serpong.

“Nanti perlu kecepatan dari Kementerian PUPR menggerakkan dari Serpong untuk segera bisa masuk mengambil alih sumber air agar kitab isa dapatkan dari sana,” pungkas Arief. (*)