Semarang, ERANASIONAL.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk menanggulangi bencana hidrometeorologi basah di Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (16/3/2024) hingga Rabu (20/3/2024) mendatang.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, operasi TMC ini dilaksanakan atas koordinasi yang dilakukan oleh BNPB, bersama BMKG, BRIN, TNI AU, Pemerintah Provinsi Jateng, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Pada operasi TMC Sabtu ini, telah dilakukan sebanyak tiga kali sorti penerbangan. Pada tiap sorti, tim menyemai bahan natrium klorida (NaCl) sebanyak satu ton menggunakan pesawat jenis Cessna Grand Caravan berlogo BNPB dengan nomor lambung PK-SNG dari Lanud Ahmad Yani Semarang. Total bahan semai untuk operasi TMC hari pertama ini adalah tiga ton.

Adapun sorti pertama dan kedua, pesawat yang dipiloti oleh Kapten Eggy ini mengudara dan menyemaikan bahan NaCl di atas langit perairan utara Jateng pada ketinggian jelajah 8.000-12.000 kaki.

Sorti ketiga, pesawat melakukan penyemaian di atas langit Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Pekalongan pada ketinggian jelajah 8.000-12.000 kaki.