PEKALONGAN – Dalam rangka mendukung program pencanangan Kampung Siaga Candi 2021 di wilayah Kecamatan Pekalongan Utara, Polres Pekalongan Kota melalui Polsek Pekalongan Utara menggelar kegiatan Pelatihan Barbershop dan Online Shop bagi masyarakat sekitar Kecamatan Pekalongan Utara pada Rabu (17/3/2021) di Gedung Techno Park Panjang Wetan, Kota Pekalongan.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Polsek Pekalongan Utara tersebut, mendapat respon positif dari masyarakat Kecamatan Pekalongan Utara. Hal ini dapat dilihat dengan antusiasme dan membludaknya para peserta yang ingin mengikuti kegiatan pelatihan itu.

“Alhamdulillah, antusias masyarakat dalam hal ini 7 kelurahan yang berada diwilayah Kecamatan Pekalongan Utara sangat luar biasa. Tadi pagi membludak ada sekitar 46 peserta. Karena rencana awal kami, hanya 5 kelurahan dengan peserta sekitar 30 hingga 40 orang yang mengikuti,” terang Kapolsek Pekalongan Utara, Kompol Bakti Kautsar Ali kepada Eranasional.

“Yang penting untuk tempat dan protokol kesehatan sudah kami antisipasi. Para peserta masuk menggunakan masker, cek suhu badan dan menggunakan handsanitizer,” tambahnya.

Tujuan diadakan kegiatan pelatihan, menurut Bakti sebagai pembelajaran dan motivasi untuk masyarakat, meningkatkan kemampuan dalam memangkas rambut dan jual beli secara online (olshop) agar mereka bisa mandiri, sehingga menumbuhkan perekonomian.

“Harapan kami, semoga dengan adanya pelatihan ini kedepan masyarakat bisa mandiri atau produktif dimasa pandemi covid-19. Mereka bisa belajar tentang teknik memangkas rambut dan penjualan melalui online, sehingga komoditas ataupun kemampuan yang ada di Pekalongan utara bisa di perjualbelikan keluar. Dan yang paling penting ialah, bisa menumbuhkan perekonomian,” harap Bakti.

Lusiana, salah seorang peserta pelatihanpun mengaku senang dengan adanya kegiatan itu. “Senang sih mas, bisa menambah pengetahuan tentang e-commerce atau online shop. Semoga, pelatihan seperti ini bisa dilanjutkan lagi mas. Supaya kita semakin bertambah ilmunya dan juga omset penjualan tentunya,” kata Lusiana.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasat Binmas Polres Pekalongan Kota AKP Sumadi, Kapolsek Pekalongan Utara Kompol Bakti Kautsar Ali, staff Kecamatan Pekalongan Utara serta para narasumber yang berasal dari Komunitas Barbershop, Telkom dan Ketua PHRI Kota Pekalongan, Raya Trias Arditya. (MAH)