Pekalongan, ERANASIONAL.COM – Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Pekalongan terus menambah koleksi buku bacaan untuk para pemustaka atau pengunjung perpusda.

Menempati gedung baru ini Perpusda Kota Pekalongan komitmen untuk semakin meningkatkan layanan dan literasi masyarakat. Perpusda berupaya mengupdate di informasi publik buku atau koleksi baru yang dapat dipinjam.

“Buku baru di tempat display sudah masuk di katalog dan dapat pemustaka pinjam,” terang Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kota Pekalongan, Sabtu, 27 April 2024.

Ismanto berharap secara berkala dapat mengganti koleksi terbaru di rak display. Pasalnya beberapa anggaran dialokasikan untuk menambah koleksi buku di perpusda.

“Jadi untuk tahun kemaren kita dapat alokasi dana pusat Rp200 juta atau sebanyak 1.265 eksemplar. Kemudian kita ada program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) dan dapat buku 750 eksemplar,” beber Ismanto.

Untuk pojok baca perpusda sendiri dapat bantuan 350 eksemplar. Disebutkan Ismanto, kalau anggaran Kota Pekalongan untuk menambah koleksi cukup kecil.

“Sebetulnya jumlah koleksi belum mencukupi target dasarnya rasio penduduk pemustaka, namun tetap dianggarkan,” jelasnya.

Ismanto menerangkan syarat meminjam buku di Perpusda Kota Pekalongan ini ialah menjadi anggota, anggota sendiri yakni warga Kota Pekalongan, atau luar Kota Pekalongan yang bekerja, sekolah, atau berdomisili di Kota Pekalongan.

“Kami permudah akses bagi para pemustaka untuk meminjam buku namun dengan penuh tanggung jawab untuk mengembalikannya,” tukasnya. (em-aha)