Makassar, ERANASIONAL.COM – Sebanyak 20.222 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2024 di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Karena banyaknya peserta, sehingga UTBK ini berlangsung dalam dua gelombang.

Wakil Rektor 1 Unhas, Prof Muhammad Ruslin mengatakan, gelombang UTBK pertama berlangsung 30 April hingga 7 Mei 2024.

“Sementara untuk gelombang kedua berlangsung dari 14 sampai dengan 17 Mei 2024. Ada dua sesi, yakni pagi dan siang,”ujar Prof Ruslin saat konferensi Pers di Fakultas Kedokteran Unhas, Kamis 2 Mei 2024.

Pihak Unhas menyediakan dua lokasi untuk UTBK ini, yakni di Kampus Unhas Tamalanrea dan di Kampus Teknik Unhas Kabupaten Gowa.

“Kami siapkan 21 lokasi dan 41 ruang ujian. Dengan komputernya berstandar dan menyiapkan pengawas ruangan, serta pendamping IT untuk mengantisipasi jaringan terganggu,”jelas Prof Ruslin

Tim IT kata dia akan serius mengawasi untuk mengantisipasi terjadingan kecurangan-kecurangan yang bisa saja dilakukan peserta menggunakan teknologi canggih.

Untuk seleksi nasional kata Prof Ruslin ada dua kategori yakni berbasis prestasi dan berdasarkan tes dan itu semua dimonitor dan dikontrol di pusat.

Bahkan pada 29 April 2024 sebelum dimulainya ujian, ada tim monitoring dari pusat untuk melihat kesiapan Unhas sebagai pelaksana.

“Itu untuk mencegah adanya kecurangan-kecurangan dan titipan-titipan. Unhas tidak akan Mentolerir pihak-pihak tertentu yang merasa bisa meloloskan dan menitip peserta. Kalau kedapatan akan ditindak tegas,”ucapnya.

Sebelumnya kata Prof Ruslin ada 120 peserta yang dinyatakan lolos melalui jalur undangan.

Namun sayangnya ke-120 peserta ini hilang kontak dan tidak mendaftar ulang, sehingga mereka dinyatakan gugur.

“Kuota 120 peserta itu akan di geser jalur UTBK,”jelas Prof Ruslin. []