Jakarta, ERANASIONAL.COM – Beberapa kota tampaknya menarik minat para miliarder atau orang kaya. Misalnya New York yang mempunyai 340 ribu penduduk dengan penghasilan tertinggi dan aset yang bisa diinvestasikan lebih dari USD1 juta.

Melansir Visual Capitalist, Kamis, 2 Mei 2024, data Hurun Global Rich List 2024 mengungkapkan 20 kota teratas dengan jumlah miliarder terbanyak di 2024.

New York masih menempati urutan pertama dengan jumlah miliarder sebanyak 119. Beijing yang sebelumnya menempati jumlah miliarder terbanyak 2023, justru turun menjadi peringkat keempat. London dan Mumbai berhasil menyalip Beijing.

Nyatanya semua kota di Tiongkok yang masuk daftar 20 besar telah kehilangan militernya sejak 2023 hingga 2024. Oleh karena itu, Tiongkok kehilangan tempat di peringkat tersebut dengan Hangzhou mengalami penurunan terbesar (-5).

Walaupun Tiongkok mengalami penurunan, tetapi kota-kota di Asia lainnya mengalami kenaikan. Seoul mengalami kenaikan peringkat di 20 besar pada tahun 2024. Selain itu, Jakarta juga menempati urutan ke 17 dengan jumlah miliarder sebanyak 37 orang.

Tidak hanya itu, kota-kota di India juga mengalami kenaikan terbesar yakni New Delhi (+^) dan Mumbai (+3).

Dalam tingkat negara, Tiongkok dan AS bergabung untuk membentuk setengah dari kota-kota 20 besar itu. Kedua negara ini merupakan rumah untuk setengah dari 3.200 miliarder di dunia.