Pekalongan, ERANASIONAL.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) takziah ke rumah duka istri Habib Lutfi bin Yahya, Syarifah Salma yang berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Gang 7 Kelurahan Noyontaansari, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan pada Rabu, 29 Mei 2014.

Dengan mengenakan kemeja putih dan didampingi para menteri, Jokowi tiba sekitar pukul 11.09 WIB. Ia langsung memasuki rumah duka dan sempat menyapa ribuan pelayat yang menyambut kedatangannya.

Usai bertemu pendakwah sekaligus anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Habib Luthfi bin Yahya, Jokowi beserta para menteri dan pejabat ikut mensalatkan jenazah. Presiden juga sempat berbincang-bincang dan mendoakan keluarga yang ditinggalkan.

Turut hadir Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfi dan sejumlah pejabat lainnya.

Namun, tak hanya Presiden dan menteri saja yang takziah. Pantauan eranasional.com, pada pukul 13.05 WIB Cawapres terpilih Gibran Rakabuming Raka didampingi Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan selang 10 menit, eks preman Tanah Abang, Hercules juga turut takziah ke rumah duka Habib Luthfi.

Sedangkan mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga terpantau sedang menunggu jenazah di Masjid Jami Kauman, Kota Pekalongan sekitar pukul 14.40 WIB. Begitu juga dengan mantan KSAD, Dudung Abdurachman yang ikut menggandeng Habib Luthfi menuju masjid.

Wakil Wali Kota Pekalongan, Salahudin yang juga turut hadir menyambut kedatangan rombongan presiden menyampaikan ucapan belasungkawa.

“Atas nama Pemkot Pekalongan, kami turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Almarhumah Mama Syarifah ini sangat luar biasa. Beliau mengikhlaskan suaminya Habib Luthfi untuk syiar agama di masyarakat secara nasional. Beliau mendukung penuh Habib Luthfi,” tuturnya.

Menurut Salahudin peran Habib Luthfi bersama istri sangat berpengaruh di Pekalongan bahkan nasional dalam menanamkan ilmu agama sekaligus nasionalisme.

Untuk diketahui, mendiang Syarifah Salma meninggal dunia dalam usia 66 tahun pada Selasa malam, 28 Mei 2024 di RS Budi Rahayu Kota Pekalongan, sekitar pukul 21.55 WIB.

Mendiang istri dari Habib Luthfi tersebut kerap menemani sang suami saat berdakwah dan menjalankan tugasnya sebagai anggota Wantimpres. (em-aha)