Makassar, ERANASIONAL.COM – Pelaku pemukulan terhadap pengunjung kafe Starbucks saat demo bela palestina, Jumat 7 Juni 2024 lalu yang sempat buron akhirnya ditangkap.

Kasat Reskrim Polrestabes Makassarz Kompol Devi Sujana mengatakan, pelaku pemukulan bernama Subhan Daeng Subu.

Dia diamankan polisi di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulsel, saat hendak kabur ke Sorong, Papua, Rabu 12 Juni 2024.

“Pelaku yang melakukan pemukulan pada saat di kafe Starbucks ditahan di bandara saat hendak ke Sorong, Papua,” jelasnya.

Diketahui, aksi pemukulan itu terjadi saat unjuk rasa bela Palestina yang digelar dengan melakukan sweeping di sejumlah tempat-tempat makan dan kafe yang dianggap berafiliasi dengan Israel di Kota Makassar.

“Penganiayaan pada saat ada upaya dari kelompoknya untuk melakukan penyebaran pamflet dan penyegelan sehingga terjadi keributan seperti yang viral kemarin, terjadi pemukulan terhadap pengunjung,” ungkapnya.

Massa pada saat itu memaksa menutup tempat makan dan kafe dengan memasang pamflet serta mengusir pengunjung.

Subhan yang saat itu merupakan salah satu peserta aksi tersulut emosinya lalu memukul salah seorang pengunjung karena menolak keluar dari kafe.

“Mereka memaksa pengunjung untuk keluar dan juga memaksa karyawan untuk mengizinkan pamplet dipasang tulisan penyegelan,” bebernya.

Akibat pemukulan itu, korban mengalami luka robek di bagian wajah.

“Korban luka pada bagian kening,” katanya.

Pelaku pun saat ini ditahan di Mapolrestabes Makassar dan terancam dijerat Pasal 351 KUHPidana tentang penganiayaan yang diancam dengan pidana penjara paling lama 2 tahun 8 bulan. []