Pekalongan, ERANASIONAL.COM – Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Pekalongan tampak bersuka cita ikut merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah/Tahun 2024.

Meskipun masih dalam masa tahanan, mereka tetap semangat mengikuti rangkaian Salat Idul Adha hingga pemotongan hewan kurban.

Pada momentum perayaan Idul Adha ini, Kepala Rutan Kelas IIA Pekalongan, Sastra Irawan mengajak WBP maupun masyarakat menjadikan sebuah perubahan dan pengorbanan diri untuk meningkatkan ketakwaan dan ketaatan kepada Allah SWT melalui keteladanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Sastra menambahkan, usai melaksanakan Salat Idul Adha warga binaan dibantu petugas ikut turut memotong hewan kurban sebanyak 8 ekor kambing pada hari Senin pagi, 17 Juni 2024.

“Idul Adha tahun ini, alhamdulillah Rutan Kelas IIA Pekalongan mendapat 8 ekor kambing dari beberapa pihak seperti Wali Kota Pekalongan, Kejari Kota Pekalongan, Kapolres Pekalongan Kota, Bupati Pekalongan, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, dan Kapolres Pekalongan,” terangnya.

Lanjutnya, olahan daging kurban nantinya akan dimasak bersama menjadi sejumlah hidangan santap siang dan malam baik berupa gulai, sate, rendang, dan olahan daging lainnya untuk dinikmati para WBP dan panitia.

“Per hari ini, jumlah WBP yang ada di Rutan sebanyak 251 orang. Jumlah tersebut memang berkurang karena sebelumnya kami sudah memindahkan 85 orang warga binaan ke semua Lapas se-eks Karesidenan Pekalongan,” katanya.

Para WBP tersebut dipindah ke Rutan Pemalang, LPP wanita Semarang, dan Lapas Narkotika Purwokerto.

“Hal ini untuk mengurangi over capacity, sekaligus melanjutkan program pembinaan kepada warga binaan kami yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap,” pungkasnya. (em-aha)