Pasuruan, ERANASIONAL.COM – Kebakaran lahan di Gunung Batok, kawasan Wisata Gunung Bromo masih berlangsung.

Bahkan area yang terbakar kian meluas di sisi barat dari Gunung Batok, yang secara administratif masuk wilayah Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan.

Menurut Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) Septi Eka Wardhani mengatakan, hingga malam ini petugas gabungan dari TNBTS, BPBD, TNI Polri, masyarakat sekitar, masih berupaya melaksanakan pemadaman.

“Tim gabungan TNI Polri, BPBD Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, dan Jatim masih berjibaku untuk berupaya memadamkan,” kata Septi Eka Wardhani, dikutip dari Okezone, Sabtu 22 Juni 2024 malam.

Kata Septi, titik api kian meluas di sisi barat Gunung Batok.

Tiupan angin di lokasi kebakaran dan akses lokasi kebakaran yang sulit berada di kemiringan, diakui membuat beberapa titik api menyebar.

Saat ini petugas hanya berupaya menyekat supaya titik api tidak meluas.

“Saat ini api menjalar ke sisi barat Gunung Batok. Tim gabungan berupaya memadamkan api dan mencegah agar tidak menyebar ke Gunung Widodaren,” bebernya.

Dia mengimbau masyarakat agar waspada bahaya kebakaran hutan.

Terlebih saat ini sudah memasuki musim kemarau, dimana sebagian wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, sudah mulai kering dan sangat rentan terhadap bahaya kebakaran.

“Hal sekecil apapun titik api sangat berpotensi menimbu kebakaran hutan. Mari kita menjaga kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dari bahaya kebakaran hutan,” pungkasnya. []