Pekalongan, ERANASIONAL.COM – Pasca Idul Adha, tak sedikit masyarakat lupa mengontrol konsumsi daging.

Hal ini terpantau dari banyaknya masyarakat yang mulai mendatangi fasilitas pelayan kesehatan untuk melakukan medical check up guna memastikan kondisi kesehatan mereka, salah satunya di Puskesmas Bendan Kota Pekalongan yang kembali ramai kunjungan usai cuti hari Raya Idul Adha.

Kepala UPT Puskesmas Bendan, Dita Rasnasuri menjelaskan bahwa mereka yang datang ke puskesmas pasca Idul Adha selain melakukan medical check up, beberapa diantaranya merupakan pasien yang memiliki riwayat penyakit hipertensi dan gula darah untuk melakukan kontrol.

“Artinya masyarakat Kota Pekalongan saat ini lebih sadar untuk memeriksakan kesehatan tubuhnya sebelum mereka sakit, ini jauh lebih baik,”

“Sehingga, ketika ada suatu indikasi dapat tertangani dari awal dan bagi mereka yang memiliki kondisi sehat dan aman kami juga sekaligus memberikan edukasi apa-apa yang harus mereka lakukan agar kesehatannya tetap terjaga,” terangnya, Selasa, 25 Juni 2024.

Dita memberikan beberapa tips upaya mencegah penyakit darah tinggi, gula darah dan lain sebagainya akibat konsumsi daging berlebih yaitu dengan memulai aktifitas fisik seperti olahraga ringan.

“Hindari makanan berlemak tinggi seperti santan dan gorengan, mengurangi konsumsi manis serta perbanyak minum air putih,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar mengkonsumsi daging secukupnya atau membatasi paling tidak seminggu sekali. Selain itu, masyarakat diajak untuk tetap menjaga pola hidup seimbang dengan makan sayur, buah dan mencukupi kebutuhan minum air putih. (em-aha)