Depok, ERANASIONAL.COM – Jalankan program ketahanan pangan, Danrem 051/Wijayakarta Brigjen TNI Riyanto melakukan kunjungan ke lahan urban farming Kodim Depok, Selasa (25/6/2024).

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut program Pangdam Jaya untuk memacu ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Jabodetabek.

Brigjen Riyanto menyampaikan apresiasinya dalam pengembangan lahan urban farming yang dilakukan oleh Kodim Depok.

Riyanto menjelaskan, Korem 051/Wijayakarta telah berhasil mengembangkan lahan-lahan tidur menjadi lahan produktif, termasuk 43 hektar lahan milik Korem 051/Wijayakarta yang telah dimanfaatkan untuk budidaya bawang merah dengan hasil panen satu ton per hektar.

“Program unggulan kami adalah bawang merah, sudah mampu menghasilkan setiap satu hektar sebanyak satu ton. Dan ini sudah 21,5 hektar,” jelas Danrem Riyanto.

Dia menekankan pentingnya kolaborasi berbagai pihak dalam pengembangan urban farming. Dia juga menekankan, bahwa program ini melibatkan komunitas dan bertujuan untuk edukasi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Ini bentuk kolaborasi banyak pihak. Kita juga libatkan komunitas, tujuan utamanya ada sisi edukasinya, ada sisi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan sisi positif lainnya,” jelas Riyanto.

Riyanto menyebut konsep urban farming adalah bertani secara konvensional namun di lingkungan perkotaan dengan lahan yang sempit.

Hal ini menjadi solusi untuk memanfaatkan lahan yang tidak terpakai dan meningkatkan ketahanan pangan di wilayah perkotaan.

“Mungkin ini yang bisa kami berikan. Tapi konsep urban farming ini sebenarnya bertani seperti biasa, konvensional. Cuma kita pindahkan menggunakan konsep bahwa bertani di dalam perkotaan maupun di lingkungan sekitar perkotaan. Dengan lahan yang sempit bagaimana kita bisa memanfaatkannya,” terang Riyanto.

Kunjungan ini, diharapkan dapat memotivasi Kodim lainnya di wilayah Jabodetabek untuk mengembangkan program serupa.