Depok, ERANASIONAL.COM – Mobil Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok kehabisan bahan bakar. Mirisnya lagi, saldo untuk pengisian solar pun ternyata sudah habis.

Hal itu diketahui dari potongan video viral di media sosial yang diunggah akun Instagram @depok update pada Rabu 10 Juli 2024.

Dalam video viral tersebut, terlihat beberapa petugas Damkar berada di SPBU dan menunjukkan kartu pengisian bahan bakar solar yang ternyata saldonya tidak ada.

“Pak Jaksa, semuanya nih, solar habis semuanya nih. Mobil unit pemadan di pom bensin gak ngisi,” ujar salah satu petugas dengan nada kecewa.

Kekhawatiran petugas Damkar cukup beralasan, karena itu akan berdampakburuk jika terjadi kebakaran tiba-tiba, sementara kendaraan mereka kehabisan bahan bakar.

Hal ini dapat membahayakan keselamatan masyarakat dan memperparah kerusakan yang diakibatkan kebakaran.

“Kalau ada kebakaran, hitung waktu. Ini bagaimana ini, Pak Jaksa yang terhormat tolong panggilin pejabat terkait, kebiasaan nih. Emang kebakaran bisa nunggu solar nih. Pejabat diminta dulu solar, bukan inisiatif, anggarannya di dem aja, sudah dua bulan,” keluh petugas Damkar tersebut.

Video unggahan itu pun menjadi sindiran netizen. Meraka prihatin dengan kondisi petugas Damkar yang harus berjuang melawan api dengan keterbatasan bahan bakar.

Netizen juga mendesak pemerintah untuk segera menyelesaikan masalah ini agar keselamatan masyarakat tidak terancam.

“Lucu ini kalo ada kebakaran, mobil Damkarnya kehabisan BBM,” komentar salah satu netizen.

“Emangnya anggaran BBM untuk kendaraan Damkar itu setahun berapa ya? Nanya ini beneran,” timpal netizen lainnya.

Pihak terkait Kota Depok belum memberi penjelasan terkait kejadian tersebut. []