Jakarta, ERANASIONAL.COM – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengonfirmasi kesiapan infrastruktur dasar di Ibu Kota Nusantara (IKN) menjelang upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024.

Basuki menyatakan pasokan air, listrik, dan jaringan internet telah siap digunakan saat perayaan hari kemerdekaan.

“Tadi saya cek semua. Air, listrik, internet sudah oke (saat 17 Agustus),” kata Basuki di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (10/7/2024), dikutip dari Antara.

Dia mengatakan beberapa bangunan Kementerian Koordinator di IKN juga akan beroperasi, menyediakan fasilitas untuk Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), petugas upacara, dan tamu undangan.

Hotel Nusantara dengan kapasitas 190 kamar, kata dia, akan tersedia untuk akomodasi.

Terkait infrastruktur transportasi, Basuki mengatakan pembangunan jalan tol menuju IKN saat ini baru mencapai Pulau Balang.

Dia menambahkan, pembebasan lahan untuk Seksi 6A dan 6B baru bisa diselesaikan sehingga pekerjaan konstruksi kini bisa dimulai.

“Sekarang sedang bekerja, makanya (pembangunan tol) baru sampai Pulau Balang,” papar dia.

Pembangunan bandara IKN dengan landasan pacu sepanjang 2.200 meter sedang diupayakan untuk selesai tepat waktu.

Namun, Basuki mengakui hujan menjadi tantangan utama, dengan hanya 8 hari cerah dari 30 hari bulan lalu.

Langkah-langkah khusus seperti penggunaan tenda untuk pengaspalan telah diterapkan untuk mengatasi kendala ini.

“Masalah di sana hanya satu, hujan. Bulan kemarin dari 30 hari, hanya 8 hari yang terang, selebihnya hujan. Sekarang kita mengaspal pun memakai tenda, kita gunakan upaya-upaya,” terangnya.

Sebagai bagian dari persiapan upacara, Menteri PUPR mengumumkan penghentian sementara kegiatan pembangunan luar ruang di IKN mulai 10 Agustus 2024 untuk membersihkan jalan-jalan. Pekerjaan interior akan tetap berlanjut selama periode ini. []