Depok, ERANASIONAL.COM – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Depok, Manto membenarkan adanya peretasan pada aplikasi Depok Single Window.

Dia mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan sejumlah perbaikan.

“Kami telah segera mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan, antara lain menutup celah-celah injection yang teridentifikasi pada beberapa halaman terkait,” kata Manto saat dikonfirmasi Eranasional, Sabtu (13/7/2024).

Dia menyebut, sejumlah pemeriksaan menyeluruh terhadap semua aplikasi juga sedang dilakukan untuk memastikan keamanan.

“Sebagai kebijakan sementara, kami telah mengambil langkah untuk menutup celah keamanan yang teridentifikasi, serta terus mengoptimalkan keamanan aplikasi dan tata kelola kami,” jelas dia.

Meski demikian, Manto memastikan jika sistem aplikasi yang lain tetap aman dan bisa beroperasi.

Sebelumnya, aksi peretasan terjadi pada aplikasi Depok Single Window (DSW) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Hacker tersebut mengatasnamakan ‘Garuda Security X Masyarakat Indonesia’.

Tertulis aplikasi pada fitur UMKM itu berisikan pesan dari hacker.

“Jika kebocoran data viral baru anda perbaiki, maka inilah yang akan kami lakukan kepada kalian. Kalian kurang menghargai para bug hunter lokal yang melaporkan kerentanan website pemerintah yang anda inginkan adalah kenaikan anggaran, tetapi kemampuan kalian tidak dapat mengimbangi anggaran tersebut. Lantas dimanakah letaknya tanggung jawab?” tulisi pesan dalam aplikasi Depok Single Window.