Pekalongan, ERANASIONAL.COM – Jelang pelantikan pada 14 Agustus 2024, sebanyak 35 Calon Legislatif (Caleg) DPRD terpilih Kota Pekalongan periode 2024-2029 seluruhnya sudah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKP) ke KPU Kota Pekalongan.

“Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU), setiap anggota legislatif yang terpilih wajib menyerahkan tanda terima LHKPN paling lambat 21 hari sebelum dilantik,

“Dan alhamdulillah, 35 caleg terpilih di Kota Pekalongan semuanya sudah menyerahkan ke KPU hingga Senin (22/7) kemarin,” kata Ketua KPU Kota Pekalongan, Fajar Randi Yogananda saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Jumat, 26 Juli 2024.

Fajar menambahkan, saat ini pihaknya tengah menunggu proses verifikasi berkas LHKPN di KPK. Mengingat penyampaian LHKPN ini dilakukan serentak se-Indonesia, sehingga memerlukan waktu untuk menunggu.

“Karena sudah komplit, kami juga sudah serahkan berkas yang diperlukan ke Pemkot Pekalongan. Sesuai dengan ketentuan, selanjutnya akan dikirim ke Gubernur Jawa Tengah melalui biro otonomi daerah,” lanjut Fajar.

Sedangkan untuk pelantikan anggota DPRD terpilih, Fajar mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Sekretariat Dewan (Setwan) setempat yang rencananya akan dijadwalkan pada 14 Agustus 2024.

“Untuk pelantikan, kewenangannya ada di Setwan. Sementara KPU, hanya pengumpulan berkas dan penyampaian tanda terima LHKPN mereka. Mengacu pada aturan Akhir Masa Jabatan (AMJ) anggota dewan periode sebelumnya sampai dengan 14 Agustus 2024,” terangya.

Terpisah, Ketua DPRD Kota Pekalongan, M Azmi Basyir mengatakan, untuk persiapan pelantikan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Tengah dan Wali Kota Pekalongan. Ia ingin menampilkan sesuatu yang berbeda pada pelantikan tahun ini.

“Rencananya, nanti akan ada pawai drum band dari Pendopo alun-alun Kota Pekalongan ke Mataram dan saat ini masih kita bahas bersama,” kata Azmi saat ditemui di Ruang Paripurna DPRD Kota Pekalongan, Jumat, 26 Juli 2024.

Menurutnya, apabila itu terlaksana, maka akan menarik banyak masyarakat untuk hadir dalam pelantikan yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus mendatang.

“Kekhidmatannya bisa berjalan dengan baik di ruang paripurna, semaraknya juga bisa dirasakan oleh masyarakat. Intinya, kami juga ingin memberikan hiburan ke masyarakat saat pelantikan nanti,” pungkasnya. (em-aha)