Selayar, ERANASIONAL.COM – Dua anak buah kapal KM Banawa berhasil dievakuasi oleh tim rescue Pos SAR Selayar pada Senin, 29 Juli 2024 siang tadi di Perairan Selayar.

Kapal yang mengangkut bahan bangunan dengan rute Pelabuhan Benteng menuju ke Pulau Kayuadi, Kabupaten Kepulauan Selayar mengalami masalah kebocoran di lambung kapal akibat diterjang badai hebat di perairan Selayar.

“Pencarian terhadap ABK KM Banawa kami lakukan menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat) 01 Selayar, membutuhkan waktu sekitar satu jam 30 menit untuk melakukan pencarian, dan Alhamdulillah kedua ABK tersebut kami temukan dalam keadaan selamat,” kata Andi Sultan, Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar.

Sultan menambahkan bahwa kedua ABK tersebut ditemukan sejauh tujuh nautical mile dari lokasi diduga titik kejadian dan berada di atas lifecraft (perahu penyelemat).

“Dua ABK tersebut atas nama Pallara dan Aswar, kami temukan dalam keadaan selamat di atas lifecraft milik KM Banawa dan telah kami serahkan ke pihak keluarga, sesampainya di Pelabuhan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar,” tutup Sultan. []