Depok, ERANASIONAL.COM – Klinik WSJ Beauty Depok ternyata hanya mengantongi izin klinik pratama dengan layanan dasar. Meski begitu, Klinik WSJ Beauty Depok melakukan praktik sedot lemak yang masuk kategori cukup rumit.

Sebelumnya, selebgram asal Medan, Sumatera Utara tewas usai melakukan sedot lemak di Klinik WSJ Beauty Depok, Jawa Bawat. Korban Ella Nanda Sari Boru Hasibuan (30) meninggal pada Senin, (22/7/2024).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Mary Liziawati membenarkan Klinik WSJ Beauty hanya memiliki izin sebagai klinik pratama. Dengan izin klinik pratama berarti WSJ Beauty hanya bisa menyelenggarakan pelayanan medik dasar dengan dokter umum saja.

“Klinik itu ada 2 yaitu pratama dan utama. Klinik pratama, harusnya hanya layanan kesehatan dasar dengan dokter umum. Kalau klinik utama dengan dokter spesialis,” kata Mary kepada wartawan, Senin (29/7/2024).

Dia menyebut, hanya mengantungi izin klinik pratama, Klinik WSJ Beauty diduga menyalahi prosedur karena membuka layanan spesialis.

“Harusnya ya dia buka praktik sesuai kompetensinya saja sebagai klinik pratama,” jelas Mary.

Terkait dugaan malpraktik, Mary mengungkapkan pihaknya telah meminta klinik WSJ Beauty untuk membuat laporan kronologi kejadian.

Dia berharap, laporan tersebut dapat mengungkap secara detail kronologi peristiwa dan tindakan medis yang dilakukan klinik terhadap Ella Nanda Sari Hasibuan.

“Kami sudah minta laporan kronologis tertulis,” ujarnya.

Kapolres Depok, Kombes Arya Perdana tengah mengusut kasus tewasnya Ella Nanda Sari Hasibuan (30), yang diduga menjadi korban malapraktik sedot lemak.

Menurut Arya, kasus serupa juga pernah terjadi di klinik yang sama. Kasus tersebut pernah dilaporkan ke Polres Depok pada 2023 lalu.

“Iya 2023 itu pernah ada laporan yang sama, tapi sudah diselesaikan dicabut, jadi laporan dicabut,” ujar Kombes Arya Perdana kepada wartawan, Minggu (28/7/2024).

Kasusnya sama, tewasnya seseorang pada dugaan malapraktik sedot lemak.

“Sama persis. Di klinik yang sama. Ini laporan ini kita lihat tempatnya tempat lama, 2023,” ucap Arya.