Mapia, ERANASIONAL.COM – Personel gabungan Pangkalan TNI Angkatan Laut berhasil menangkap satu orang anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) Pilemon Burame alias PB (35).

Dia ditangkap di Pulau terluar Mapia Distrik Supiori Barat Kabupaten Supiori, Papua.

Saat ditangkap Pilemon sedang melakukan mata-mata terhadap aktivitas prajurit TNI yang bertugas di daerah setempat.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Biak Kolonel (Mar) Jinawi Atut Waluyanto mengatakan, anggota teroris tersebut merupakan intelijen Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB).

“PB terdaftar sebagai anggota Papua Intelijen Servis TPNPB ditangkap pada Sabtu 3 Agustus 2024 pukul 09.30 WIT di Pulau Mapia Kabupaten Supiori dan telah di bawah ke Lanal Biak dengan KRI Kapak 625,” ujarnya, Selasa 6 Agustus 2024.

Dari hasil pemeriksaan terhadap pelaku, personel gabungan TNI, Satgas Marinir, Satgas Pulau Terluar Korem 173/PVB dan Babinsa Kodim 1708 Biak menemukan sebanyak 107 jenis barang bukti yang diamankan dan di sita untuk proses penegakan hukum selanjutnya.

Barang bukti yang diamankan adalah baju loreng dinas TPNPB, kartu tanda anggota TPNPB, bendera, dan dokumen keanggotaan organisasi Papua Merdeka.

Sementara untuk penanganan hukum terhadap pelaku, pihaknya menyerahkan penindakan kasus hukumnya ke Polres Supiori untuk diproses.

“Untuk penyerahan pelaku anggota TPNPB bersama 107 jenis barang bukti akan dilakukan secepatnya setelah release penangkapan ini,” tutupnya. []