Gowa, ERANASIONAL.COM – Polres Gowa menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) sebagai bagian dari persiapan menjelang Pilkada 2024 -2025.

Kegiatan ini berlangsung di depan Kantor Bupati Gowa dan DPRD Gowa, Jalan Masjid Raya, Kelurahan Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sabtu, 10 Agustus 2024.

Sebanyak 290 personel dari Polres Gowa, Pleton Brimob Polda Sulsel, personel Kodim 1409/Gowa, serta instansi terkait seperti Dishub, Damkar, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Subdenpom XIV/1-1 Takalar, dan Denpom Kostrad, turut berpartisipasi dalam simulasi ini.

Simulasi Sispamkota ini bertujuan sebagai langkah antisipasi untuk menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pilkada 2024.

Skenario simulasi menggambarkan situasi kerusuhan dan unjuk rasa yang dipicu oleh penolakan terhadap salah satu calon kepala daerah serta dugaan kecurangan dalam proses Pilkada.

Massa yang tidak puas kemudian terlibat bentrokan dengan petugas kepolisian.

Untuk mengatasi situasi yang semakin tidak terkendali, pasukan pleton dalmas awal dan pleton negosiator dikerahkan.

Saat kerusuhan meningkat dengan aksi pembakaran dan pelemparan batu, kendaraan taktis Armoured Water Cannon (AWC) dari Sat Samapta Polres Gowa dikerahkan untuk membubarkan massa.

Ketika situasi makin memanas, Tim Patroli Perintis Presisi Sat Samapta Polres Gowa, Wanteror, Den 45 Patmor, dan PHH Sat Brimobda Polda Sulsel, Jibom Gegana Sat Brimob Polda Sulsel dikerahkan dan menggunakan tembakan gas air mata untuk memecah konsentrasi massa, sehingga kondisi akhirnya berhasil dikendalikan kembali.

Simanjuntak menegaskan, pelaksanaan simulasi Sispamkota ini merupakan bagian penting dari persiapan satuan pengamanan untuk menghadapi Pilkada 2024 di Kabupaten Gowa.

Latihan ini diharapkan mampu memastikan keamanan selama Pilkada berlangsung, serta satuan pengamanan siap menghadapi segala potensi gangguan yang mungkin terjadi.

Kapolres juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Gowa serta unsur terkait dan seluruh personel yang telah berpartisipasi dalam simulasi ini, dengan harapan agar pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Gowa dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

Sebagai inormasi, kegiatan tersebut disaksikan oleh Kapolres Gowa AKBP Simanjuntak, Bupati Gowa Adnan Purichta YL, Dandim 1409/Gowa, Ketua DPRD, Kajari Gowa, Ketua Bawaslu, Ketua KPU Gowa, Kapolsek jajaran. []