Pekalongan, ERANASIONAL.COM – Selama semester I Tahun 2024, capaian nilai realisasi investasi Kota Pekalongan sebesar Rp 152,6 Milliar. Realisasi itu tercapai dari target yang ditetapkan pada Tahun 2024, yakni Rp750 Milliar.

“Meski demikian, kami tetap optimis dan yakin untuk capaian nilai realisasi investasi Kota Pekalongan tahun ini bisa tercapai sesuai target. Bahkan, bisa melampaui target seperti pada tahun-tahun sebelumnya,” kata Kepala DPMPTSP Kota Pekalongan, Beno Heritriono,

Adapun mayoritas capaian yang mendominasi adalah dari sektor perdagangan, khususnya UMKM yang bertumbuh pesat di Kota Pekalongan.

Untuk mencapai target realisasi investasi tersebut, jajaran DPMPTSP juga senantiasa melakukan pendampingan, pembinaan dan pengawasan secara intensif terhadap keberlangsungan izin usaha di Kota Pekalongan.

“Hal itu kami lakukan, supaya para pelaku usaha ini selalu patuh dan taat dalam mengurus izin maupun laporan penanaman modal usahanya,” kata Beno di Hotel Hojo Pekalongan, Kamis, 22 Agustus 2024.

Pihaknya berkomitmen, target itu di tahun anggaran pada akhir Bulan Desember 2024 atau awal Januari 2025 bisa terpenuhi, bahkan melampaui target seperti tahun-tahun sebelumnya. Seperti pada tahun 2023 lalu, dari target Rp110 Milliar tercapai realisasi sebesar Rp500 Milliar.

“Oleh karena itu, kami optimis dan senantiasa mendorong agar para pelaku usaha khususnya UMKM untuk memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dan memasukkan produk usahanya ke e-katalog lokal,” pungkasnya. (em-aha)