Pekalongan, ERANASIONAL.COM – Dengan berjalan kaki diiringi musik rebana dan didampingi pengurus dari delapan partai pengusung, tim pemenangan, serta simpatisan, pasangan HA Afzan Arslan Djunaid-Balgis Diab atau Ajib mendaftar menjadi calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekalongan 2024 ke KPU setempat.

Pantauan Eranasional, Selasa, 27 Agustus 2024, pasangan Ajib tiba di kantor KPU Kota Pekalongan sekitar pukul 15.45 Wib. HA Afzan Arslan Djunaid atau Aaf mengenakan kemeja motif batik berwarna merah, sedangkan Balgis Diab mengenakan jas beratribut Partai Golkar.

“Kami memilih hari pertama, karena kami sudah merasa sangat siap. Partai pendukung dan pengusung serta keluarga juga komplit bisa hadir pada hari ini,” kata Aaf menjawab pertanyaan awak media saat konferensi pers.

Mengenai persiapan khusus saat mendaftar, Aaf mengaku tidak ada persiapan khusus karena pendaftarannya dilakukan sangat mendadak. Namun demikian, karena dari partai pendukung dan pengusung sudah merasa siap maka pihaknya tidak mau menunda-nunda pendaftaran.

“Tidak ada persiapan khusus dan spesial, tapi kan nanti masih banyak rangkaian kegiatan lainnya. Misalkan nanti ketika sudah disahkan, terus pengambilan nomor urut dan sebagainya. Nanti akan kita persiapkan lebih matang lagi,” katanya.

Untuk target perolehan suara, dia bersama partai pengusung dan pendukung menargetkan semaksimal mungkin dari jumlah pemilih di Kota Pekalongan.

“Saat ini, kita kan belum tahu siapa sosok lawannya. Tapi kami yakin, untuk relawan, partai pengusung dan pendukung sangat solid. Jadi, target kita menang mutlak. Namun, kita belum tahu berapa persennya karena kita juga belum tahu siapa lawannya,” terang Aaf.

Aaf juga menyampaikan, beberapa program yang akan dilakukan oleh pasangan Ajib, yakni melanjutkan pembangunan di Kota Pekalongan. Diantaranya, mulai dari penanganan banjir dan rob, penuntasan pembangunan pasar Banjarsari, kesehatan, pendidikan hingga reformasi birokrasi.

Sementara itu, Balgis Diab, saat pilkada tahun 2020 lalu menjadi lawan Aaf mengaku, dirinya kini siap untuk berduet menjadi pasangan Wali Kota petahana tersebut.

“Saya siap maju bareng mas Aaf pada Pilwalkot 2024 ini, karena kita ingin kota Pekalongan ini lebih maju dan lebih baik lagi,” tandasnya.

Ketua KPU Kota Pekalongan, Fajar Randi Yogananda menyampaikan, bahwa bakal pasangan calon HA Afzan Arslan Djunaid dan Balgis Diab atau Ajib menjadi pasangan pertama yang mendaftar sebagai peserta Pilkada tahun 2024.

“Hari pertama pendaftaran, baru ada satu bakal paslon yang mendaftar ke KPU Kota Pekalongan atas nama pak Aaf dan ibu Balgis. Alhamdulillah, selama proses pendaftaran berlangsung kondusif dan lanjar,” ungkapnya.

Fajar menambahkan, berkas atau dokumen pendaftaran bakal pasangan calon Aaf-Balgis saat ini tengah dilakukan pengecekan dan verifikasi administrasi oleh pihaknya. Ia berharap, sebelum proses pendaftaran pencalonan pada hari terakhir, sudah ada hasil verifikasi administrasinya.

“Selain partai pendukung dan pengusung Aaf-Balgis, PKB juga sudah konsultasi ke kami. Mereka sudah meminta akses input data paslon ke aplikasi Silonkada. Tapi, belum bisa dipastikan kapan mereka mengusung paslon untuk mendaftarkan diri ke KPU,” tandasnya.

Partai politik pengusung dan pendukung pasangan Ajib, yakni PDIP, Golkar, Gerindra, Hanura, Demokrat, Nasdem, PPP dan PSI. (em-aha)