Pekalongan, ERANASIONAL.COM – Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid meresmikan layanan Puskesmas Pembantu (Pustu) Degayu Mampu Bersalin di Jalan Labuhan, Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Kamis, 29 Agustus 2024.

Menurut Aaf, sapaan akrab Wali Kota Pekalongan, layanan ini selaras dengan visi misinya dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara mudah, efisien dan terintegrasi.

Adanya pelayanan pustu ini bisa menjadi keberkahan tersendiri bagi masyarakat Degayu dan sekitarnya, seiring dengan pengendalian banjir yang berjalan dengan lancar, sehingga di wilayah tersebut sudah bebas dari banjir dan rob.

“Peningkatan jalan di depan Pustu ini juga sudah bagus. Layanan Pustu Mampu Bersalin disini bisa dimanfaatkan warga untuk persalinan, dan harapannya bisa sinergi dengan penurunan angka kematian ibu melahirkan serta angka kematian bayi yang dilahirkan,” ucapnya.

Ia menyebutkan, fasilitas yang ada di dalamnya juga sudah lengkap didukung dengan SDM tenaga kesehatan yang mumpuni.

Selain ruang persalinan, beberapa fasilitas yang ada di pustu ini diantaranya ruang pelayanan umum, pelayanan kegawatdaruratan, ruang jaga bidan, ruang nifas, pelayanan KIA-KB, pelayanan gigi, imunisasi, ruang VK, dan sebagainya.

“Untuk masyarakat Degayu dan sekitarnya, pemerintah sudah memberikan layanan pemeriksaan ibu hamil ke puskesmas secara gratis. Sehingga, program ini harus dimanfaatkan dengan baik agar kesehatan ibu hamil dan bayinya bisa terpantau. Diberi obat, vitamin dan nutrisi cukup,” katanya.

Pemeriksaan ke puskesmas ini juga bisa mencegah anak yang dilahirkan mengalami stunting. Ia berharap, layanan Pustu disini bisa menjadi berkah dan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat setempat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto menerangkan, Pustu Degayu Mampu Bersalin ini menjadi pustu yang berbeda dengan pustu-pustu lainnya.

“Pustu ini mampu memberikan waktu buka pelayanan selama hampir 1 minggu full. Untuk jam layanannya, hari Senin sampai dengan Kamis pukul 08.30-11.30 WIB, hari Jumat 08.30-10.00 WIB dan hari Sabtu 08.30-10.30 WIB,” jelasnya.

Dengan adanya Pustu Degayu ini, diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan setiap hari kepada warga setempat. Selain memberikan layanan rawat jalan, pustu ini mampu memberikan layanan rawat inap dan IGD khusus persalinan untuk warga Degayu maupun sekitarnya.

“Kami buka layanan ini, dimana disini menjadi salah satu daerah pinggiran dan jauh dari fasilitas pelayanan kesehatan di pusat kota,” tandasnya. (em-aha)