Depok, ERANASIONAL.COM – Kepala Rutan Kelas I Depok, Lamarta Surbakti dengan didamingi Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Mochammad Farih Hazin kembali melaksanakan kegiatan Penguatan Tugas dan Fungsi (Tusi) Kinerja, (9/10/2024).

Penguatan Tusi yang dititik fokuskan pada jajaran pengamanan ini merupakan salah satu bentuk penguatan terhadap isu Gempa Megathrust.

Lamarta Surbakti menegaskan pihaknya sebagai petugas harus memiliki kepekaan yang tinggi.

“Harus memiliki kesiapsiagaan yang baik, dan kita sebagai Petugas harus mampu mengantisipasi serta mampu melakukan mitigasi,” kata Lamarta.

Dalam menghadapi isu Gempa Megathrust ini, salah satu poin utama dalam penguatan ini adalah kemampuan dan ketangkasan petugas dalam menggunakan kunci kamar hunian.

“Pada situasi darurat seperti gempa, kecepatan serta ketepatan dalam membuka kunci kamar hunian menjadi krusial, terutama saat proses evakuasi harus dilakukan dengan segera,” lanjut dia.

Petugas diharapkan mampu membuka kunci dengan cepat untuk memastikan penghuni dapat dievakuasi dengan aman dan teratur.

Karutan berharap bahwa kegiatan penguatan ini tidak hanya menjadi latihan rutin, tetapi juga menjadi bagian yang berkelanjutan dalam membentuk kesiapan mental dan fisik para Petugas dalam menghadapi situasi darurat.

“Kegiatan ini harus menjadi implementasi nyata di lapangan,Petugas harus selalu siap dalam segala situasi dan memiliki kemampuan yang optimal dalam menjalankan tugasnya” ucap Karutan.