Flores, ERANASIONAL.COM – Gunung Lewotobi Laki-laki, di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur kembali menunjukkan peningkatan aktivitas. Erupsi kembali terjadi pada Sabtu, sekira pukul 06.00 hingga 12.00 waktu setempat.

Berdasarkan laporan visual yang diterima oleh BNPB pada Jumat 18 Oktober 2024 per pukul 14.50 WIB, kondisi mutakhir menunjukkan erupsi terjadi bersamaan dengan hujan disertai abu vulkanik dan pasir terjadi dan menyebabkan atap rumah warga mengalami kerusakan.

Erupsi gunungapi Lewotobi Laki-Laki juga memberikan dampak bencana sekunder banjir lahar setelah hujan mengguyur di kawasan puncak.

Dalam laporan rekaman visual, aliran banjir lahar mengalir cukup deras melewati jalanan perkampungan desa dan menghantam lahan perkebunan warga.

Tidak ada kerusakan infrasktruktur akibat banjir lahar tersebut namun warga tetap harus meningkatkan kewaspaan.

Sebelumnya Pos Pengamat Gunungapi Lewotobi Laki-Laki telah memberikan informasi peringatan dini terkait erupsi maupun potensi bencana sekunder yang ditimbulkan kepada warga termasuk kepada unsur forkopimda Flores Timur.

Gunungapi Lewotobi Laki-laki telah menunjukkan aktivitas vulkanik yang sedikit meningkat khususnya pada periode 8 hingga 15 Oktober 2024.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat, dari pengamatan visual kolom erupsi Gunungapi Lewotobi Laki-laki mengalami kenaikan dari yang sebelumnya rata-rata 300 sampai 900 meter meningkat menjadi 200 hingga 1.000 meter.

Pada periode tersebut juga terekam gempa guguran namun indikasinya masih berada di sekitar puncak Gunungapi Lewotobi Laki-laki.

Data dari visual drone yang terekam, menunjukkan pusat aktivitas berada pada dua lubang erupsi yakni kawah utama dan lubang erupsi yang terletak di barat laut, namun aktivitas erupsi pada lubang di barat laut lebih sering terjadi pada periode ini.

PVMBG juga memperkirakan erupsi masih akan terjadi ke depannya mengingat gempa pada vulkanik dangkal dan dalam mengalami kenaikan.

Terekam pula gempa low frekuensi yang mengalami kenaikan dari periode sebelumnya mengindikasikan adanya aliran magma menuju permukaan.

Gempa tektonik lokal dan tektonik jauh juga mengalami kenaikan dibandingkan periode sebelumnya. Dari pengamatan instrumental, jenis gempa yang terekam pada periode 8 hingga 15 Oktober 2024 sebanyak 46 kali gempa letusan, 5 kali gempa guguran, 13 kali gempa hembusan, 71 kali harmonik, 3 kali gempa low frekuensi, 80 kali vulkanik dangkal, 49 kali vulkanik dalam, 12 kali gempa tektonik lokal, 50 kali tektonik jauh.

Guna mengantisipasi dampak yang terjadi akibat erupsi ini terhadap masyarakat, BPBD Kabupaten Flores Timur terus melakukan koordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Lewotobi Laki – laki di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang.

BPBD juga membantu masyarakat membersihkan rumah dari puing reruntuhan atap yang terdampak hujan abu Gunungapi Lewotobi Laki-laki.

Diimbau juga kepada masyarakat yang agar tetap memakai masker atau penutup hidung-mulut untuk menghindari bahaya abu vulkanik pada sistem pernafasan.

Selain itu, masyarakat perlu mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunungapi Lewotobi Laki-laki jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi khususnya di daerah Dulipali, Padang Pasir, dan Nobo. []