Pekalongan, ERANASIONAL.COM – Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia, Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan menggelar kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Jumat, 18 Oktober 2024.

Plt Wali Kota Pekalongan, Salahudin mengapreasiasi kegiatan Gerakan Pangan Murah yang rutin digelar oleh Dinperpa dan berkolaborasi dengan BI Tegal, Perum Bulog, TNI, Polri, petani dan umum lokal.

Kegiatan bertema “Right foods for a better life and a better future” ini merupakan upaya pemerintah dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi daerah disaat terjadi kenaikan harga-harga pangan.

“Sesuai tema, GPM kali ini masyarakat diajak untuk mengonsumsi bahan pangan yang halal thoyyiban dan sehat untuk kelangsungan hidup yang lebih baik dan terhindar dari penyakit,” tuturnya.

Menurutnya, pemerintah memberikan subsidi harga untuk berbagai komoditas bahan pangan yang dijual di GPM ini, sehingga harganya lebih murah dibandingkan harga di pasaran dengan selisih Rp2 ribu-Rp10 ribu.

Adapun sasaran kegiatan Gerakan Pangan Murah ini adalah masyarakat umum guna pengendalian inflasi dan harga-harga pangan yang naik sehingga masih dapat dijangkau masyarakat.

“Kami berharap GPM bisa meringankan beban masyarakat, terutama yang berpendapatan relatif rendah, untuk bisa mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau dan kualitasnya bagus,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Lili Sulistyowati mengaku bersyukur, Pemkot Pekalongan melalui Dinperpa setempat bisa kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) dalam rangka Hari Pangan Sedunia Tahun 2024.

Adapun beberapa komoditas yang dijual di GPM, diantaranya beras, minyak goreng, gula pasir, 300 paket sembako, olahan pangan, tempe, kentang, pisang, olahan daging, olahan minuman, sayur-mayur, buah-buahan, dan sebagainya.

Untuk sepaket sembako dijual dengan harga Rp80.000/paket berisikan beras SPHP kemasan 5 kg, 1 kg gula pasir, dan 1 liter minyak goreng. Telur ayam dijual dengan harga Rp24.000/kg, cabai Rp5.000/pack, daging ayam Rp33.500/kg, tomat Rp5.000/kg, dan lain-lain.

“Kegiatan GPM ini bisa dimanfaatkan masyarakat Kota Pekalongan untuk mendapatkan bahan pangan dengan harga murah dibandingkan harga di pasaran. Semua masyarakat bisa langsung membeli tanpa ada batas maksimal pembelian dan tanpa kupon.

Ia berharap, kegiatan ini bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. (em-aha)