Makassar, ERANASIONAL.COM – Forum Guru Besar Universitas Hasanuddin (Unhas) dan para dosen bersatu menyatakan sikap kepada Pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta jajaran lembaga pemerintahannya.

Pernyataan sikap para akademisi itu disampaikan langsung di Halaman depan Gedung Rektorat Unhas, Jalan Perintis Kemerdekaan, Km. 10 Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Jumat 2 Februari 2024.

Ketua Dewan Kehormatan Unhas, Prof Anwar Razak mengatakan, aksi tersebut mereka lakukan untuk mengingatkan seluruh aparatur negara agar tetap berada pada koridor demokrasi.

Dia mengharapkan para elit politik mengedepankan nilai-nilai kerakyatan dan keadilan sosial serta menciptakan rasa nyaman dalam berdemokrasi.

“Jadi saya kira sikap keprihatinan ini menandakan bahwa, kami-kami dari kampus ini menjaga peradaban dunia,  terutama menjaga demokrasi. Apalagi kami pelaku dari reformasi, oleh sebab itu kami tetap menjaga bagaimana reformasi ini kembali ke jalan yang benar,” ungkap Prof Anwar kepada wartawan.

Prof Anwar menjelaskan bahwa jelang Pemilu dan Pilpres 2024, seharusnya dalam berkonstelasi politik para aktor politik tetap mengedepankan etika dan landasan Pancasilla atau UUD 1945.

Tak hanya itu, pemerintah dan jajaran lembaganya diharap dapat juga bekerja secara profesional dan bersungguh-sungguh sesuai aturan yang berlaku.