Jakarta, ERANASIONAL.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta akan membuka loket pelayanan warga untuk pencetakan KTP elektronik saat hari pemungutan suara Pemilu 2024, Rabu, 14 Februari 2024. Loket ini dibuka untuk melayani pemilih pemula yang tepat berusia 17 tahun saat hari pencoblosan.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Budi Awaludin jumlah daftar pemilih tetap (DTP) Pemilu 2024 di DKI Jakarta mencapai 8.252.897 orang. Sebanyak 412 di antaranya merupakan pemilih pemula yang genap berusia 17 tahun saat hari pemungutan suara.

“Secara aturan, pencetakan KTP baru bisa dilakukan pada tanggal lahir yang bersangkutan. Karena itu pada hari H kami akan buka layanan,” kata Budi dikutip dari Media Indonesia, Kamis (8/2/2024).

Dia menjelaskan, layanan kependudukan itu akan dibuka di semua loket mulai dari tingkat kelurahan hingga provinsi. Loket akan dibuka sekitar pukul 9.00 WIB setelah petugas menunaikan pemungutan suara di lokasi masing-masing.

Khusus bagi pemilih pemula yang baru berusia 17 tahun di hari pemungutan suara, Budi mengaku telah menyiapkan petugas untuk melakukan pengantaran bila memang yang bersangkutan tidak juga mengambil KTP elektronik mereka ke loket.

Selain bagi para pemilih pemula, Dinas Dukcapil DKI juga membuka layanan bagi warga lainnya yang belum sempat melakukan pencetakan KTP. Sebab, hasil verifikasi rekapitulasi DPT yang dilakukan terdapat 19.141 warga usia 17-18 tahun yang belum melakukan pencetakan.

Kemudian, dari hasil pencocokan dan penelitian (Coklit) terhadap 13.126 warga usia 17-18 tahun belum melakukan perekaman. Terdapat 2.364 warga yang tidak bisa ditindaklanjuti.

“Umumnya mereka tengah bersekolah di luar DKI Jakarta sehingga belum sempat datang untuk melakukan perekaman dan pencetakan,” ungkapnya.