Kota Pekalongan, ERANASIONAL.COM – Pemkot Pekalongan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan sejumlah upaya mengurangi jumlah sampah yang masuk ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Degayu.

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu membangun Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce dan Recycle (TPS-3R) Rowo Indah di Jalan Rindang, Kelurahan Pringrejo, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

TPS-3R Rowo Indah telah diresmikan secara simbolis oleh Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024, Rabu, 21 Februari 2024.

Hadir juga di acara peresmian itu, Kepala DLH Kota Pekalongan Sri Budi Santoso, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Pekalongan Joko Purnomo, Camat Pekalongan Barat Sri Karyati, Lurah Pringrejo Edi Yulistiyanto, dan Forkopimcam lainnya.

Mas Aaf, panggilan akrab Wali Kota Pekalongan menyatakan bahwa persoalan sampah menjadi fokus penanganan yang masih terus dilakukan oleh seluruh kabupaten/kota di Indonesia, termasuk di Kota Pekalongan.

Namun, lanjutnya, hanya beberapa kabupaten/kota yang telah berhasil menangani persoalan sampah, diantaranya Banyumas, Surakarta, dan Cilegon.

Menurut dia, kondisi TPA Kota Pekalongan sudah overload dengan tumpukan sampah yang semakin menggunung setinggi 25 meter.

“Perhitungan saya, kalau dua tahun kondisi tersebut dibiarkan saja, maka TPA Degayu itu sudah tidak bisa digunakan lagi. Sehingga Kota Pekalongan perlu melakukan terobosan-terobosan sebagai upaya untuk mengurangi sampah yang masuk ke TPA Degayu,” kata Mas Aaf.