Jakarta, ERANASIONAL.COM – Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Justin Adrian Untayana, mendukung rencana Pemprov DKI Jakarta membangun rumah pompa di Kali Sunter, Jakarta Utara, sebagai langkah penanggulangan banjir di Ibu Kota.

Justin menyarankan, jika pembangunan rumah pompa dirasa sangat diperlukan, maka harus diajukan ke dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPB).

“Tidak akan dan tidak pernah dipersulit dalam pembahasannya di DPRD,” kata Justin, Minggu, 3 Maret 2024.

Dia pun mempersilakan Pemprov DKI untuk mengajukan anggaran pembangunan rumah pompa di Kali Sunter selama kebijakan itu berpihak pada kepentingan rakyat.

Meski begitu, Justin mengingatkan bahwa penanggulangan banjir di Jakarta solusinya tidak hanya satu, tapi banyak hal yang harus dilaksanakan bersama.

“Penambahan rumah pompa harus diikuti dengan penertiban tata ruang, pengembangan dan revitalisasi jaringan mikro (jaringan tamping-alir air) sehingga pengaliran air ke sungai-sungai besar utama dapat berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Selain itu, Justin juga mendorong dibangunnya terowongan bahwah tanah atau underground tunnel, sebagai penunjang pengaliran air di Jakarta.